Ilustrasi kuliah. Medcom.id
Ilustrasi kuliah. Medcom.id

Buka Mulai Juli, Jangan Lewatkan Pendaftaran 5 Beasiswa Bergengsi Ini

Ilham Pratama Putra • 19 Juli 2022 09:14
Jakarta: Kuliah di luar negeri menjadi mimpi banyak orang. Namun, biaya yang mahal seringkali membuat mimpi itu dikubur rapat-rapat.
 
Jangan khawatir, sebab banyak lembaga maupun pemerintah membuka beasiswa untuk calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri.  Sejumlah pendaftaran beasiswa mulai dibuka Juli 2022.
 
Setidaknya ada lima beasiswa bergensi yang tak boleh Sobat Medcom lewatkan untuk dicoba.

Berikut 5 beasiswa yang buka mulai Juli 2022:

1. LPDP

Beasiswa pertama ialah beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Pada Juli ini LPDP kembali membuka beasiswa tahap dua untuk jenjang S2 dan S3 ke luar negeri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pembukaan pendaftaran berlangsung dari Juli hingga Agustus 2022. Adapun syarat mendaftar beasiswa LPDP di antaranya, maksimal usia 35 tahun untuk S2 dan 40 tahun untuk S3, memiliki surat rekomendasi, memiliki minimal IPK 3.00 untuk S2 dan 3.25 untuk S3, serta mengantongi IELTS minimal 6.5.

2. Inpex Scholarship

Beasiswa yang juga tak boleh dilewatkan ialah Inpex Scholarship S2 di Jepang. Pendaftaran dibuka mulai Agustus hingga Oktober 2022.
 
Syarat mengikuti beasiswa Inpex di antaranya, lulusan S1 IPA di bidang teknik, pertanian, fisika, biologi, kimia, farmasi, computer science; memiliki IPK 3.25 dengan maksimal usia 30 tahun. Selanjutnya, mengantongi IELTS atau TOEFL dan memiliki keterangan diterima atau akan diterima di Universitas di Jepang.

3. Chevening Scholarship

Beasiswa Chevening untuk S2 di United Kingdom (UK) atau Inggris Raya juga mulai buka. Beasiswa dapat didaftar mulai Agustus hingga November 2022.
 
Tidak ada batas usia untuk mendaftar beasiswa Chevening, memiliki IPK 3.33 hingga 3.67 tergantung universitas, memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun. Pendaftar dapat melamar ke tiga universitas sekaligus melalui laman Chevening.

4. Erasmus Mundus

Selanjutnya, beasiswa Erasmus Mundus. Beasiswa ini merupakan beasiswa studi S2 di kampus Uni Eropa.
 
Pendaftaran Erasmus Mundus dimulai pada September hingga Desember 2022. Adapun syarat pendaftaran memiliki IELTS dengan skor 6.5, menyertakan CV, formulir aplikasi, surat rekomendasi, transkip dan ijazah, paspor, dan essai.

5. VLIR-UOS

Beasiswa VLIR-UOS memberikan kesempatan studi S2 di Belgia. Pendaftaran beasiswa ini dimulai pada Oktober hingga Desember 2022.
 
Adapun syarat mendaftar beasiswa di antaranya, Ijazah, transkip, CV, motivation letter. Selain itu pendaftar juga harus memiliki recommendation letter, sertfikat bahasa Inggris, dan paspor.
 
Itulah lima beasiswa yang dibuka mulai Juli 2022. Sobat Medcom yang tertarik kuliah di luar negeri jangan lewatkan kesempatan ini ya!
 
Baca juga: Kabar Baik dari LPDP! Tidak Lulus Tes Substansi Bisa Daftar Beasiswa LPDP Tahap 2

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif