Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Kasus Omicron Naik, Unhas Bakal Gelar Wisuda Hybrid

Ilham Pratama Putra • 08 Februari 2022 22:28
Jakarta: Universitas Hasanuddin (Unhas) akan menggelar Wisuda Periode III Tahap satu Tahun Akademik 2021/2022 pada tanggal 15 Februari 2022. Wisuda ini bakal digelar secara hybrid mengingat masih tingginya kasus covid-19 varian omicron di Tanah Air.
 
"Dimana hanya wisudawan saja yang diperkenankan menghadiri secara langsung di lokasi acara," tutur Wakil Rektor Bidang Akademik, Restu dalam keterangannya, Selasa 8 Februari 2022.
 
Sementara bagi wisudawan yang tidak dapat hadir langsung di gedung Baruga A.P. Pettarani Kampus Unhas Tamalanrea, dapat mengikuti wisuda secara daring melalui platform Zoom meeting. Sedangkan tamu seperti keluarga, orang tua, kerabat dan yang lainnya dapat mengakses prosesi wisuda melalui kanal YouTube Universitas Hasanuddin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami berharap orang tua wisudawan dapat memahami situasi ini, sehingga tidak perlu hadir di lokasi wisuda. Kita perlu sama-sama berperan dalam upaya mencegah penyebaran covid-19. Apalagi saat ini varian Omicron sedang menghantui kita,” kata Restu.
 
Lebih lanjut, wisuda kali ini akan diikuti oleh seluruh alumni baru pada seluruh jenjang pendidikan. Mulai jenjang sarjana, profesi, magister, spesialis, dan hingga doktor dengan total jumlah wisudawan berjumlah 1.208 orang.
 
Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah menyebut akan ada pembatasan bagi wisudawan yang akan hadir di gedung Baruga A.P. Pettarani, Kampus Unhas, Tamalanrea. Meski gedung memiliki kapasitas hingga 5.000 orang, namun gedung ini hanya akan diisi oleh sekitar seperempat dari kapasitas maksimum.
 
"Jadi dibuat wisuda akan berlangsung pada dua sesi, yaitu pagi dan siang. Dengan demikian, diperkirakan pada setiap sesi jumlah orang yang berada di lokasi tidak lebih dari 700-an orang, dengan komposisi sekitar 600-an wisudawan, dan sekitar 100-an panitia dan pimpinan universitas," ujar Suharman.
 
Baca juga:  Seleksi Jalur Ketua OSIS Unhas Diperluas Hingga ke Wilayah Timur Indonesia
 
Dalam pelaksanaan wisuda nantinya panitia menegaskan bahwa syarat utama bagi wisudawan yang akan hadir di Baruga A.P. Pettarani adalah telah melakukan dua kali vaksinasi. Hal itu wajib dibuktikan dengan data pada aplikasi peduli lindungi, atau sertifikat vaksinasi fisik yang resmi.
 
“Kita juga telah mempersiapkan QR Code pada setiap pintu masuk. Untuk itu, harap setiap wisudawan memastikan bahwa mereka telah memiliki aplikasi peduli lindungi di telepon seluler masing-masing. Untuk mengantisipasi kerumunan dan penumpukan orang di pintu masuk, wisudawan diharapkan hadir lebih awal di lokasi," pungkas Suharman.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif