Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Jalur Mandiri

Seleksi Jalur Ketua OSIS Unhas Diperluas Hingga ke Wilayah Timur Indonesia

Citra Larasati • 08 Februari 2022 19:08
Jakarta:  Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali membuka jalur mandiri Program Pembinaan Bakat Kepemimpinan Bagi Ketua OSIS di Wilayah Timur Indonesia.  Jalur penerimaan ketua OSIS Unhas sudah dimulai sejak 2019 dengan cakupan wilayah Sulawesi Selatan, kini diperluas hingga ke 12 provinsi di wilayah Indonesia Timur.
 
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Arsunan Arsin menjelaskan, bahwa jalur penerimaan ketua OSIS Unhas sudah dimulai sejak 2019 dengan cakupan wilayah Sulawesi Selatan. Setelah dilakukan evaluasi, ternyata antusiasme masyarakat sangat tinggi.
 
Sehingga diputuskan untuk membuka penerimaan jalur kepemimpinan ketua OSIS yang awalnya difokuskan untuk wilayah Sulsel saja, kini menjangkau hingga kawasan Timur Indonesia. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mahasiswa yang lulus jalur ini aktif dalam keorganisasian kampus, di antara mereka ada yang bahkan menjadi Ketua BEM dan berbagai prestasi lainnya. Untuk itu, kita memberikan kesempatan bagi 12 Provinsi di Timur Indonesia. Setiap provinsi akan ada kuotanya, mungkin kami akan menerima 80 hingga 100 mahasiswa baru melalui jalur ini,” jelas Arsunan.
 
Lebih lanjut Arsunan menambahkan, Unhas terus berkomitmen menghasilkan lulusan berkualitas. Melalui jalur penerimaan Ketua OSIS dengan kualifikasi unggul, maka akan semakin mudah mendorong serta membina menjadi insan intelektual dengan semangat dan jiwa kepemimpinan.
 
Untuk itulah, Unhas membuka kesempatan bagi para Ketua OSIS Kawasan Timur Indonesia untuk bergabung menjadi bagian dari Unhas. Untuk proses seleksi, kata Arsunan tidak mengalami perubahan. Para calon pendaftar akan melalui serangkaian tes untuk kemudian menetapkan mereka lulus atau tidaknya.
 
Baca juga:  Rektor Untar Gandeng Unhas Tingkatkan Kualitas Pendidikan
 
Pendaftaran online untuk jalur ini dimulai pada Senin, 14 Februari 2022 hingga 5 Maret 2022 mendatang. Sementara itu, untuk proses pengumuman seleksi administrasi akan dilakukan pada 15 Maret 2022.
 
Setelahnya, akan dilakukan proses verifikasi berkas dan wawancara yang dijadwalkan berlangsung 21 Maret. Untuk pengumuman hasil seleksinya sendiri akan berlangsung 1 April. Jika terdapat perubahan ketentuan dan jadwal, para calon pendaftar bisa melihat langsung pada laman regpmb.unhas.ac.id
 
Sosialisasi Jalur Program Pembinaan Bakat Ketua OSIS dibagi ke dalam tiga sesi. Sesi pertama mencakup Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara. Sementara itu pelaksanaan sesi II untuk Provinsi Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Utara. Sesi III bagi Provinsi Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Gorontalo, dan Bali. Kegiatan berlangsung hingga pukul 12.00 Wita.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif