Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto. Foto: Tangkapan layar.
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto. Foto: Tangkapan layar.

Kemendikbud: Passion Penting Bagi Siswa SMK

Pendidikan tahun ajaran baru Pendidikan Vokasi SMK
Muhammad Syahrul Ramadhan • 13 Juli 2020 11:02
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk siswa baru SMK se-Indonesia secara daring. MPLS daring membantu siswa baru untuk menyesuaikan dengan model pembelajaran di SMK.
 
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto, mengingatkan, jebolan SMK itu tidak cukup dengan ijazah dan kemampuan hard skill, tetapi juga perlu dilengkapi soft skill. Ia berharap siswa baru juga membekali dirinya dengan soft skill selama studi di SMK. Harapannya, jebolan SMK menjadi sosok yang berkompeten dan mempunyai keterampilan sebagaimana yang diinginkan dunia industri.
 
"Kompetensi ini membuat adik-adik menjadi hebat di masa depan, bukan sekedar ijazah. Kompeten itu harus berani mengakui aku mampu apa," ucap Wikan dalam Sapa Peserta Didik SMK se-Indonesia, Senin, 13 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia pun menekankan pentingnya memiliki passion dan visi lima sampai sepuluh tahun ke depan dari ilmu-ilmu yang sudah didapatkan. "Adik-adik akan mencintai bidang adik-adik, mecnintai pekerjaan itu, terus belajar dengan kesenangan," ujarnya.
 
Baca:Kemendikbud Diminta Pastikan Kelancaran Hari Pertama Sekolah
 
Direktur SMK Kemendikbud M. Bakrun menyampaikan siswa SMK memang disiapkan guna memenuhi kebutuhan lapangan pekerjaan. Namun, tidak menutup kemungkinan lulusan SMK bisa melanjutkan ke pendidikan tinggi.
 
Kepada para siswa SMK baru, Bakrun menyampaikan pentingnya passion saat masuk ke SMK. Dengan begitu, bisa menyenangi pembelajaran yang ada dan bisa mencapai masa depannya.
 
"Belajar di SMK itu memberikan harapan yang besar untuk masa depan. Ini paling penting, karena pada prinsipnya kita belajar untuk meraih masa depan," ujar Bakrun.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif