Diskusi Pendidikan
Diskusi Pendidikan "Menata Guru dengan Sistem Zonasi: Mulai Dari Mana?" yang diselenggarakan oleh Forum Wartawan Pendidikan (Fortadik),, Medcom.id/Intan Yunelia.

Sistem Zonasi Puncak Restorasi Reformasi Pendidikan

Pendidikan Sistem Zonasi
Intan Yunelia • 10 Desember 2018 15:29
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengatakan kebijakan sistemzonasi salah satu upaya reformasi dunia pendidikan di Indonesia. Tentu tujuan utamanya adanya pemerataan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia.
 
“Zonasi ini merupakan puncak dari reformasi dan restorasi pendidikan yang kami lakukan, setelah beberapa tahap awal atau prakondisi yang telah kita lalui,” kata Muhadjir saat acara Diskusi Pendidikan "Menata Guru dengan Sistem Zonasi: Mulai Dari Mana?" yang diselenggarakan oleh Forum Wartawan Pendidikan (Fortadik), di Gedung A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin, 10 Desember 2018.
 
Menurut Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini, wajar jika setiap kebijakan tak memuaskan semua pihak. Mendikbud menergetkan di 2019, akan ada penyempurnaan dan pemantapan sistem zonasi. Kritik yang ada, sementara sudah ditampung dan dievaluasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sistem zonasi di antaranya bertujuan untuk pemerataan akses pendidikan, mendekatkan lingkungan sekolah dengan peserta didik, mencegah penumpukan guru yang berkualitas dalam satu sekolah.
 
“Juga penumpukan guru yang berkualitas dalam suatu wilayah juga menumbuhkan guru yang enggak berkualitas dalam suatu wilayah,” ujar Muhadjir.
 
Baca:Atur Ulang Presisi dan Kalibrasi Kualitas Guru
 
Pengintegrasian antara pendidikan formal, nonformal juga swasta akan digodok. Sehingga tidak ada sekolah yang merasa dirugikan setelah pemberlakuan sistem zonasi ini. Terutama sekolah swasta.
 
“Tidak boleh ada swasta yang mendapatkan perlakuan tidak wajar karena zonasi. Kecuali yang berdiri hanya karena mengharapkan dana bos. Sebaiknya ditutup,” paparnya.
 
Menteri Muhadjir juga menuturkan, akan merestorasi pengurangan PPDB. Serta meningkatkan wajib belajar 12 tahun bisa berjalan.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif