Kampus Unesa. Foto: Dok. Unesa
Kampus Unesa. Foto: Dok. Unesa

Dimulai dari Kurikulum, Unesa Mulai Lakukan Transformasi PTNBH Kelas Dunia

Citra Larasati • 11 Mei 2024 15:07
Jakarta:  Universitas Negeri Surabaya (Unesa) tengah melakukan transformasi besar-besaran yang dimulai pada aspek kurikulum pendidikan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menghadirkan pakar dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam Focus Group Discussion (FGD).
 
Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Unesa, Madlazim mengatakan, transformasi kurikulum pendidikan penting untuk menjawab tantangan dan kebutuhan zaman.  Madlazim menjelaskan kompleksnya tantangan dan dinamika yang dihadapi pendidikan tinggi menjadi salah satu alasan penting adanya transformasi yang dimulai di bidang kurikulum.
 
“Upaya ini tidak hanya untuk menjawab tantangan dan kebutuhan saat ini, tetapi juga dinamika dan tantangan ke depan,” ucapnya dikutip dari laman Unesa, Sabtu, 11 Mei 2024.

Selain itu, Unesa PTNBH memiliki visi yang baru yaitu sebagai perguruan tinggi negeri yang tangguh, inovatif, produktif, berbasis kewirausahaan. "Visi ini perlu juga didukung rancangan kurikulum baru," ucapnya.
 
Salah satu yang perlu diakomodasi dalam transformasi ini yaitu bagaimana karya atau produk dihasilkan mahasiswa lintas prodi. Artinya, ada kolaborasi antara mahasiswa prodi yang satu dengan prodi yang lain dalam menghasilkan inovasi tertentu.
 
"Tujuan utama dari semangat transformasi ini yaitu meningkatkan relevansi dan lulusan Unesa dengan kebutuhan dunia usaha dan industri," ucapnya.
 
Direktur Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, IPB, Lien Herlina menyampaikan seputar transformasi kurikulum yang dilakukan di IPB sejak 2018 lalu.  Lien menyampaikan, transformasi IPB didesak adanya disrupsi digital.
 
Langkah tersebut diperkuat dengan fondasi pendidikan abad ke-21 yang meliputi learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together.
 
Transformasi pendidikan tinggi, tidak hanya dengan kurikulum, tetapi juga pada aspek lingkungan, teknologi, dan DNA organisasi. Dalam aspek ini, tantangannya yaitu ada di orang atau SDM, belajar dan pengajaran, dan inovasi.
 
"Transformasi di kami yaitu di bidang edu-transformation, teknologi pembelajaran, dan hibah atau telaah trans-disiplin usulan prodi atau sekolah baru," bebernya.
 
Sementara itu Asisten Direktur Pengembangan Program Departemen Biologi, IPB, Yulin Lestari, memberikan penguatan seputar langkah strategis transformasi IPB., melanjutkan, pada bidang edu-transform misalnya, ada beberapa yang jadi konsern yaitu konsep transformasi prodi, healthy lifestyle learning concept, telaah usulan prodi, dan penguatan teknologi untuk pendidikan.
 
Tujuan dari arah transformasi kurikulum IPB yaitu menghasilkan powerful agile learner atau pembelajar yang tangguh dan lincah. Cirinya yaitu memiliki kecenderungan berkembang yang merupakan akumulasi dari growth mindset dan skill set abad ke-21.
 
“Transformasi tidak hanya soal kurikulum, tetapi juga banyak aspek lainnya seperti proyeksi dinamika lapangan pekerjaan bagi lulusan ke depan, teknologi-inovasi, leadership, motivasi dan kesejahteraan, serta pembelajaran dan pengembangan,” terangnya.
 
Baca juga:  Ini Rambu Penetapan UKT yang Mesti Dipatuhi PTN dan PTNBH
 

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(CEU)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan