Mendikbud, Muhadjir Effendy, Medcom.id/Citra Larasati.
Mendikbud, Muhadjir Effendy, Medcom.id/Citra Larasati.

Rekrutmen Guru PPPK Dijadwalkan Februari 2019

Pendidikan Guru Honorer
Citra Larasati • 12 Desember 2018 15:50
Jakarta: Pemerintah menjadwalkan rekrutmen guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dilakukan pada Februari 2019.
 
Pernyataan tersebut terungkap saat Rapat Kerja antara Mendikbud (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan), Menpan RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), Menkeu (Menteri Keuangan), dan Mendagri (Menteri Dalam Negeri) dengan Komisi X DPR RI, di Komplek DPR, Senayan, Jakarta, Rabu, 12 Desember 2018. Menurut Mendikbud, Muhadjir Effendy, jadwal tersebut muncul saat pertemuan dirinya dengan Menpan RB, beberapa waktu lalu.
 
"InsyaAllah Februari 2019 akan kita buka penerimaan rekrutmen PPPK. Mudah-mudahan bisa terlaksana," kata Muhadjir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam kesempatan yang sama, Muhadjir juga menyampaikan, persoalan guru honorer tengah dihadapkan pada pilihan yang tidak mudah. Apakah harus tetap mengutamakan kualitas atau bisa mengabaikan kualitas dalam rekrutmen PPPK.
 
"Masalah kualitas ini memang pilihan, apakah mau mengabaikan kualitas? Kalau kita ingin mengabaikan kualitas ya memang tidak perlu ada tes," ungkapnya.
 
Terlebih lagi jika mempertimbangkan para guru honorer ini telah bekerja lama. Di sisi lain, Kemendikbud mengaku siap dan masih dapat mengatasi persoalan kualitas, jika pada akhirnya nanti pilihan jatuh pada rekrutmen tanpa tes.
 
"Kalau seandainya kualitas mau diabaikan, kemendikbud bisa mengatasi dengan melakukan proses-proses pelatihan," ungkapnya.
 
Baca:Guru CPNS, P3K dan UMP Harus Sama Diprioritaskan
 
Namun Muhadjir mengusulkan, agar tetap ada tes, karena itu akan menjadi catatan bagi yang bersangkutan. Sekaligus untuk menjadi dasar program remedial untuk yang bersangkutan. "Itu juga bisa jadi jalan keluar," terangnya.
 
Seperti diketahui, pemerintah akhirnya menerbitkan Peraturan Pemerintah nomor 49 tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif