Sejumlah siswa di jendela ruang kelas sekolah.  Foto:  MI/Gino Hadi
Sejumlah siswa di jendela ruang kelas sekolah. Foto: MI/Gino Hadi

Pengamat: Tanpa Dana BOS, Sekolah Negeri Bisa Kelimpungan

Pendidikan Anggaran Pendidikan
Syarief Oebaidillah • 13 September 2019 16:05
Jakarta: Pengawasan pemanfaatan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) harus diperketat, agar tepat guna sesuai peraturan yang berlaku dalam menopang mutu pendidikan di Tanah Air. Hal ini penting, mengingat peranan dana BOS amat strategis, bahkan menjadi sumber utama pembiayaan sekolah negeri.
 
“Kalau dana BOS bocor atau menyimpang, efeknya memang langsung ke anak didik dan mutu pendidikan secara umum. Apalagi, banyak daerah yang menggratiskan sekolah negeri. Tanpa BOS, semua sekolah negeri akan kelimpungan. Oleh sebab itu, dana BOS memang harus digunakan dengan baik, sehingga harus benar-benar diawasi,” kata pemerhati pendidikan Totok Amien Soefianto di Jakarta, Kamis malam, 12 September.
 
Menurut Totok, Inspektorat Jenderal pusat atau Inspektorat daerah serta Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi ( BPKP) mesti melakukan pengawasan termasuk masyarakat. Untuk berpartisipasi mengawasi BOS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia berpendapat, siapapun dapat menemukan penyimpangan penerapan dana BOS. Begitupun komite sekolah, orang tua wali murid dapat bekerja sama dengan kepala sekolah untuk mengelola dana BOS secara transparan. “ Saat ini, beberapa pemerintah daerah telah menerapkan proses belanja daring, e-procurement, yang tidak mengandalkan transaksi tunai. Itu lebih bagus, tinggal diumumkan saja di sekolah,” cetusnya.
 
Dosen Universitas Paramadina ini mengutarakan saat ini telah banyak sekolah negeri sudah memajang laporan keuangan BOS di papan sekolah. Persoalannya, siapapun perlu dilatih untuk dapat memahami laporan tersebut . “Musyawarah orang tua dan wali murid dapat juga membahas laporan keuangan sekaligus pelatihan membaca laporan keuangan,” cetusnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif