Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

PPDB Mepet Tahun Ajaran Baru Menyulitkan Sekolah Swasta

Pendidikan PPDB 2020
Ilham Pratama Putra • 03 Juli 2020 10:27
Jakarta: Jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 dinilai terlalu mepet dengan dimulainya tahun ajaran baru. Akibatnya, sekolah swasta kesulitan dalam menampung siswa.
 
"Agak sedikit terganggu ketika pengumuman penerimaan siswa SMA Negeri di tanggal 8 Juli yang sangat mepet dengan masuk sekolah di tanggal 13 Juli," kata Kepala Sekolah SMA Regina Pacis Bogor, Retno Widayanti, kepada Medcom.id, Jumat, 3 Juli 2020.
 
Menurut dia, siswa hingga orang tua pun turut kewalahan dalam mengurus pendaftaran anaknya untuk masuk sekolah swasta. Sebab, proses penerimaan hanya tersisa tiga hari, yakni tanggal 9 sampai 11 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Belum lagi antar sekolah swasta yang saling berebut murid. Karena setelah pengumuman penerimaan sekolah negeri, biasanya siswa yang tidak tertampung di sekolah negeri akan berupaya mencari sekolah swasta," ujarnya.
 
Baca:Nadiem: Pembelajaran Jarak Jauh akan Permanen
 
Retno menyampaikan, situasi merupakan dilema bagi sekolah swasta. Persiapan tahun ajaran baru pun dinilai akan mengalami gangguan.
 
"Apakah sekolah bisa menyiapkan dengan maksimal untuk pembelajaran tahun ajaran baru, jika calon siswa saja masih belum pasti sampai 8 Juli," ungkap Retno.
 
Potensi siswa yang mundur tiba-tiba karena diterima di sekolah negeri, jadi masalah lain yang dihadapi sekolah swasta. "Kalau untuk sekolah swasta yang diminati mungkin tidak besar pengaruhnya. Karena animo sekolah swasta favorit lebih menarik dari sekolah negeri. Tapi untuk sekolah swasta yang lain agak sedikit terganggu," pungkasnya.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif