Ketua Pelaksana Ekseskutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo.  Foto:  Instagram OSC_medcom
Ketua Pelaksana Ekseskutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo. Foto: Instagram OSC_medcom

UTBK-SBMPTN, Siswa IPA Boleh Daftar Prodi 'IPS'

Pendidikan beasiswa osc SNMPTN/SBMPTN 2020
Ilham Pratama Putra • 08 Juni 2020 19:02
Jakarta: Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah dibuka. Dalam masa pendaftaran yang berlangsung hingga 20 Juni 2020 ini, peserta diminta memperhatikan persyaratan setiap program studi (prodi) yang akan diambilnya.
 
Ketua Pelaksana Ekseskutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo menyebut, ada aturan tertentu dalam memilih prodi yang memungkinkan peserta memilih lintas prodi. Khususnya untuk siswa dari jurusan IPA bisa memilih prodi jurusan IPS/Sosial humaniora saat SBMPTN.
 
"Siswa IPA bisa lintas jurusan memilih prodi-prodi IPS di universitas tujuannya," kata Budi dalam live Instargam @osc_medcom, Senin, 8 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Cermati Ini Sebelum Mendaftar UTBK-SBMPTN 2020
 
Namun sebaliknya, untuk siswa IPS belum tentu bisa memilih prodi-prodi IPA/saintek. Sebab dia memprediksi, tingkat kegagalan siswa IPS saat memilih prodi IPA sangat tinggi.
 
"Kita melihat ada tingkat kegagalan hingga 90 persen jika siswa jurusan IPS memilih prodi saintek. Tapi memang ada di beberapa universitas yang memberi peluang jurusan IPS atau bahasa masuk ke prodi IPA. Itu silakan dicek di laman LTMPT nantinya, masing-masing PTN punya aturan yang berbeda," jelas Budi.
 
Sedangkan untuk peserta dari SMK diberikan kesempatan lebih untuk memilih program studi lanjutannya. LTMPT menyediakan delapan politeknik bagi peserta yang berasal dari SMK.
 
Lebih lanjut Budi menjelaskan, bagi peserta yang berasal dari SMK tidak boleh melakukan lintas kampus. Jika telah memilih universitas maupun institut sebagai pilihan pertama, maka peserta tidak boleh menjadikan politeknik sebagai pilihan ke dua.
 
"Begitu juga kalau pilihan pertama prodinya di politeknik, pilihan ke duanya juga harus politeknik, tidak boleh memilih universitas atau institut di pilihan kedua," jelas Budi.
 
Pendaftaran UTBK-SBMPTN dimulai 2 Juni hingga 20 Juni 2020. Sedangkan pelaksanaan UTBK-SBMPTN itu sendiri akan berlangsung pada 5 hingga 12 Juli 2020 yang akan digelar di 74 perguruan tinggi pusat UTBK.
 
Untuk selanjutnya, pengumuman UTBK-SBMPTN akan dilakukan pada 25 Juli 2020. Info lengkap UTBK SBMPTN dapat diakses pada laman ltmpt.ac.id/.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif