Kampus Unnes. Foto: Dok. Unnes
Kampus Unnes. Foto: Dok. Unnes

Seleksi CASN 2023

Unnes Buka Lowongan 224 Dosen CPNS dan 12 Tenaga Kesehatan PPPK

Citra Larasati • 30 September 2023 13:49
Jakarta: Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuka lowongan 224 dosen CPNS (calon pegawai negeri sipil) dan 12 tenaga kesehatan (nakes) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dalam seleksi CASN (calon aparatur sipil negara) 2023.
 
Rekrutmen dilakukan berdasarkan dua peraturan.  Pertama, Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik  Indonesia Nomor 544 Tahun 2023 tanggal 20 Juli 2023 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai  Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Pusat Tahun Anggaran 2023. 
 
Kedua, Surat Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 8871/B-KS.04.01/SD/K/2023 tanggal 16  September 2023 tentang Perubahan Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN Tahun Anggaran 2023.  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) memberikan  kesempatan bagi Warga Negara Indonesia untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di  lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan ketentuan sebagai  berikut. 

Informasi Umum untuk lowongan CPNS

1. Alokasi kebutuhan jabatan CPNS di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset,  dan Teknologi Tahun Anggaran 2023 sejumlah 16.102 untuk jabatan Dosen di Perguruan  Tinggi Negeri (PTN), dengan rincian sebagai berikut: 
  • Asisten Ahli – Dosen sejumlah 13.440 
  • Lektor – Dosen sejumlah 2.662 
2. Informasi mengenai unit kerja dan rincian kebutuhan (jabatan, kualifikasi pendidikan, jumlah  kebutuhan, dan rencana penempatan) dapat dilihat pada lampiran pengumuman ini yang  dimuat pada laman https://casn.kemdikbud.go.id. 
3. Seleksi dilaksanakan dengan tahapan: 
  • Seleksi Administrasi, dilaksanakan bagi pelamar yang telah memenuhi persyaratan tata  cara pendaftaran; 
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dilaksanakan bagi pelamar yang memenuhi  persyaratan (MS) seleksi administrasi. SKD dilaksanakan menggunakan sistem Computer  Assisted Test (CAT) BKN, dengan cakupan materi meliputi Tes Wawasan Kebangsaan  (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). 
  • Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), dilaksanakan bagi pelamar yang memenuhi  persyaratan (MS) SKD dan merupakan tiga peringkat terbaik dalam kebutuhan jabatan  yang dilamar. SKB untuk jabatan Dosen dilaksanakan menggunakan sistem CAT BKN,  dengan cakupan materi meliputi Etika dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Literasi Bahasa  Inggris, Penalaran dan Pemecahan Masalah, dan Dimensi Psikologi. 
Selain SKB menggunakan CAT, diberikan pula SKB Tambahan yang meliputi Wawancara dan Praktik Mengajar/Microteaching.

Kriteria Pelamar

1. Kebutuhan dari masing-masing jabatan diperuntukkan bagi pelamar dengan kriteria sebagai  berikut: 
a. Pelamar kebutuhan khusus putra/putri lulusan terbaik berpredikat “dengan  pujian”/cumlaude adalah pelamar dengan kriteria:  
  • lulusan dari perguruan tinggi dalam negeri berpredikat “dengan pujian”/cumlaude dan  berasal dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/unggul dan Program Studi terakreditasi  A/unggul pada saat kelulusan, dibuktikan dengan keterangan “lulus dengan pujian  (cumlaude)” pada ijazah atau transkrip nilai; 
  • lulusan dari perguruan tinggi luar negeri yang telah memperoleh penyetaraan ijazah  dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya (setara dengan  cumlaude) dari kementerian yang menyelenggarakaan urusan pemerintahan di  bidang pendidikan tinggi. 
b. Pelamar kebutuhan khusus penyandang disabilitas adalah pelamar yang menyandang  disabilitas dengan kriteria mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi  (tech-savvy) untuk menunjang pekerjaan. Jenis dan derajat kedisabilitasan yang dialami  wajib dibuktikan dengan melampirkan surat keterangan dari dokter Rumah Sakit  Pemerintah/Puskesmas. 
c. Pelamar kebutuhan khusus putra/putri Papua dan Papua Barat, adalah pelamar yang  merupakan keturunan Papua/Papua Barat berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak  dan/atau ibu) asli Papua/Papua Barat, dibuktikan dengan akta kelahiran/surat keterangan  lahir yang bersangkutan dan surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku yang  menyatakan bahwa orang tua (bapak dan/atau ibu) pelamar adalah asli Papua/Papua  Barat. 
d. Pelamar umum adalah pelamar yang tidak termasuk kriteria sebagaimana huruf a, b, dan  c. 
2. Pelamar sebagaimana angka 1 (satu) wajib memenuhi persyaratan pelamaran sebagaimana  dalam bagian III. Persyaratan Pelamar. 

Persyaratan Pelamar

a. Persyaratan Umum 

1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Kriteria usia sebagaimana berikut (terhitung per tanggal pelamar melakukan  pendaftaran online di SSCASN). 
  • Pelamar lulusan S-2/Spesialis: serendah-rendahnya 18 tahun 0 bulan 0 hari dan  setinggi-tingginya 35 tahun 0 bulan 0 hari. 
  • Pelamar lulusan S-3/Subspesialis: serendah-rendahnya 18 tahun 0 bulan 0 hari dan  setinggi-tingginya 40 tahun 0 bulan 0 hari. 
3. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar. 4. Tidak mengonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif  lainnya. 
5. Berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan  putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan  tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih. 
6. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak  dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), anggota  Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai  pegawai swasta. 
7. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia  (TNI), atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. 
8. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis. 9. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
10. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau  negara lain yang ditentukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan  Teknologi. 

b. Persyaratan Khusus 

1. Pelamar Kebutuhan Umum 
 
Berikut persyaratan khusus bagi pelamar kebutuhan umum. 
  1. Untuk lulusan perguruan tinggi dalam negeri, memiliki ijazah dari perguruan tinggi  dalam negeri dan/atau program studi yang terakreditasi dalam Badan Akreditasi  Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan/atau Lembaga Akreditasi Mandiri pada  saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah. 
  2. Untuk lulusan perguruan tinggi luar negeri, telah memperoleh Surat Keputusan  Penyetaraan Ijazah oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan  di bidang pendidikan tinggi. 
  3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (tiga koma nol) skala 4,00 (empat koma  nol). Dibuktikan dengan transkrip nilai yang diterbitkan secara sah oleh Perguruan  Tinggi yang bersangkutan. 
Bagi penyandang disabilitas yang akan mendaftar pada kebutuhan umum wajib  melampirkan: 
  • Surat keterangan asli dari dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang  menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya; dan 
  • Tautan/link video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam  menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang akan dilamar (pelamar mengunggah  video singkat tersebut di youtube/google drive/dropbox/media penyimpanan  lainnya). Pastikan tautan/link video tersebut dapat diakses oleh panitia. 
2. Pelamar Kebutuhan Khusus Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat “Dengan  Pujian”/Cumlaude 
Berikut persyaratan khusus bagi pelamar kebutuhan khusus Putra/Putri Lulusan Terbaik  Berpredikat “Dengan Pujian”/Cumlaude.  
  • Untuk lulusan perguruan tinggi dalam negeri, berasal dari perguruan tinggi  terakreditasi A/Unggul dan program studi terakreditasi A/Unggul oleh Badan  Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan/atau Lembaga Akreditasi Mandiri pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis  pada ijazah. Putra/putri lulusan terbaik berpredikat “dengan pujian”/cumlaude dibuktikan dengan keterangan “dengan pujian”/cumlaude pada ijazah atau transkrip. 
  • Untuk lulusan dari perguruan tinggi luar negeri, telah memperoleh penyetaraan ijazah  dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya (setara dengan  cumlaude) dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang  pendidikan tinggi. 
3. Pelamar Kebutuhan Khusus Penyandang Disabilitas 
 
Berikut persyaratan khusus bagi pelamar kebutuhan khusus Penyandang Disabilitas.
  1. Untuk lulusan perguruan tinggi dalam negeri, memiliki ijazah dari perguruan tinggi  dalam negeri dan/atau program studi yang terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan/atau Lembaga Akreditasi Mandiri pada  saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah
  2. Untuk lulusan perguruan tinggi luar negeri, telah memperoleh Surat Keputusan  Penyetaraan Ijazah oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan  di bidang pendidikan tinggi. 
  3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (tiga koma nol) skala 4,00 (empat koma  nol). Dibuktikan dengan transkrip nilai yang diterbitkan secara sah oleh Perguruan  Tinggi yang bersangkutan.
  4. Pelamar memiliki surat keterangan asli dari dokter Rumah Sakit  Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya. e) Pelamar melampirkan tautan/link video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari 
  5. hari pelamar dalam menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang akan dilamar (pelamar  mengunggah video singkat tersebut di youtube/google drive/dropbox/media  penyimpanan lainnya). Pastikan tautan/link video tersebut dapat diakses oleh panitia. 
4. Pelamar Kebutuhan Khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat 
Berikut persyaratan khusus bagi pelamar kebutuhan khusus Putra/Putri Papua dan  Papua Barat. 
  1. Untuk lulusan perguruan tinggi dalam negeri, memiliki ijazah dari perguruan tinggi  dalam negeri dan/atau program studi yang terakreditasi dalam Badan Akreditasi  Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan/atau Lembaga Akreditasi Mandiri pada  saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah. 
  2. Untuk lulusan perguruan tinggi luar negeri, telah memperoleh Surat Keputusan  Penyetaraan Ijazah oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan  di bidang pendidikan tinggi. 
  3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (tiga koma nol) skala 4,00 (empat koma  nol). Dibuktikan dengan transkrip nilai yang diterbitkan secara sah oleh Perguruan  Tinggi yang bersangkutan. 
  4. Pelamar harus merupakan keturunan Papua/Papua Barat berdasarkan garis  keturunan orang tua (bapak dan/atau ibu asli Papua/Papua Barat), dibuktikan  dengan: 
  • akta kelahiran/surat keterangan lahir yang bersangkutan; dan 
  • surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku yang menyatakan bahwa orang  tua (bapak dan/atau ibu) pelamar adalah asli Papua/Papua Barat. 

Jadwal Pelaksanaan

  1. Pengumuman tentang Penerimaan CPNS di  portal Nasional dan portal Kemdikbudristek  (https://casn.kemdikbud.go.id):  27 September s.d. 9 Oktober 2023
  2. Pendaftaran CPNS online di portal nasional (https://sscasn.bkn.go.id/):  27 September s.d. 9 Oktober 2023
  3. Seleksi administrasi:  28 September s.d. 15 Oktober 2023
  4. Pengumuman hasil seleksi administrasi  16 s.d. 20 Oktober 2023
  5. Masa sanggah administrasi:  21 s.d. 23 Oktober 2023
  6. Pengumuman pasca sanggah administrasi: 30 Oktober 2023
  7. Pengumuman Daftar Peserta, Waktu dan  Tempat SKD CPNS: 3 s.d 6 November 2023
  8. Pelaksanaan SKD CPNS: 11 s.d. 18 November 2023
  9. Pengumuman Hasil SKD CPNS: 19 s.d. 21 November 2023
  10. Masa Sanggah SKD CPNS  22 s.d. 24 November 2023
  11. Pengumuman Pasca Sanggah SKD CPNS dan Penjadwalan SKB CPNS Non CAT: 30 November s.d. 1 Desember 2023 
  12. Pemilihan Titik Lokasi SKB CPNS dengan  CAT oleh Peserta Seleksi: 4 s.d. 6 Desember 2023
  13. Pelaksanaan SKB CPNS Non CAT: 5 s.d. 13 Desember 2023
  14. Pengumuman Daftar Peserta, Waktu dan Tempat SKB CPNS dengan CAT: 11 s.d. 13 Desember 2023
  15. Pelaksanaan SKB CPNS dengan CAT:  14 s.d. 20 Desember 2023
  16. Pengumuman Kelulusan:  3 s.d. 10 Januari 2024
  17. Masa Sanggah:  11 s.d. 13 Januari 2024
  18. Pengumuman Kelulusan Pasca Sanggah: 14 s.d. 20 Januari 2024
  19. Pengisian DRH NIP CPNS: 21 Januari s.d. 19 Februari 2024
  20. Usul Penetapan NIP CPNS: 20 Februari s.d. 20 Maret 2024
*) Jadwal ini dapat berubah sesuai dengan penetapan jadwal Panselnas. Dimohon pelamar selalu memantau perkembangan informasi  melalui laman https://casn.kemdikbud.go.id. 

Tata Cara Pendaftaran

  1. Pelamar wajib memiliki alamat email yang aktif untuk mengikuti proses rekrutmen CPNS Kemdikbudristek. 
  2. Pelamar wajib melakukan pendaftaran/registrasi secara online melalui portal nasional di  laman https://sscasn.bkn.go.id. 
  3. Pelamar melakukan login ke portal SSCASN (https://sscasn.bkn.go.id) dengan  menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan password yang telah didaftarkan. 
  4. Pelamar melengkapi data diri (Apabila pelamar merupakan penyandang disabilitas, maka  pelamar wajib memilih jenis disabilitas serta mencantumkan tautan (link) video singkat yang  menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang  akan dilamar).  
  5. Pelamar memilih jenis seleksi CPNS. 
  6. Pelamar memilih instansi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  dilanjutkan dengan mengisi isian yang diperlukan. 
  7. Pelamar mengisi riwayat pekerjaan dan/atau riwayat penulisan ilmiah, jika ada. 8. Pelamar wajib mengunggah hasil scan dokumen persyaratan asli meliputi: 
  • pas foto terbaru menggunakan pakaian formal dengan latar belakang warna merah; 
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau surat keterangan telah melakukan perekaman  kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  (Disdukcapil) yang masih berlaku; 
  • surat lamaran yang diketik menggunakan komputer atau ditulis tangan dengan tinta  hitam, ditujukan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, diberi  tanggal sesuai tanggal pendaftaran, ditandatangani (tanda tangan basah), serta dibubuhi  e-meterai (meterai elektronik) Rp10.000,00; 
  • (Format surat lamaran dapat diunduh pada laman https://casn.kemdikbud.go.id) 
  • ijazah dan dokumen persyaratan lain terkait kualifikasi pendidikan, dengan ketentuan: 1) ijazah sesuai persyaratan kebutuhan jabatan yang dilamar; 
  1. bagi lulusan luar negeri wajib melampirkan ijazah dan surat keputusan penyetaraan  ijazah dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang  pendidikan tinggi; 
  2. bagi kebutuhan jabatan yang mensyaratkan sertifikat keahlian/profesi, melampirkan  sertifikat keahlian/profesi yang diterbitkan oleh lembaga berwenang, sesuai dengan  persyaratan kebutuhan jabatan; 
  3. bagi kebutuhan jabatan yang memiliki persyaratan tambahan berupa bidang minat  atau pendidikan jenjang sebelumnya, maka wajib melampirkan pula dokumen yang  menunjukkan informasi bidang minat atau ijazah jenjang pendidikan sebelumnya.
  4. ijazah dan dokumen persyaratan lain terkait kualifikasi pendidikan diunggah dalam 1  (satu) file. 
  5. Surat Keterangan Lulus (SKL)/ijazah sementara tidak dapat digunakan untuk  melamar. 
Transkrip nilai, dengan ketentuan: 
1. bagi lulusan dalam negeri: 
a. melampirkan transkrip nilai sesuai persyaratan kebutuhan jabatan yang dilamar;
b) melampirkan surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang menyatakan bahwa  pelamar lulus dengan predikat "dengan pujian"/cumlaude, apabila keterangan predikat "dengan pujian"/cumlaude tidak tertera pada ijazah/transkip nilai bagi  pelamar kebutuhan khusus putra/putri lulusan terbaik berpredikat “dengan  pujian”/cumlaude. 
2. bagi lulusan luar negeri: 
a. melampirkan transkrip nilai dan surat keputusan hasil konversi nilai Indeks  Prestasi Kumulatif (IPK) dari kementerian yang menyelenggarakan urusan  pemerintahan di bidang pendidikan tinggi; 
b. apabila tidak dapat melampirkan transkrip nilai, maka wajib melampirkan surat  keterangan dari Perguruan Tinggi asal yang menyatakan bahwa program yang  diambil adalah program berbasis riset (by research); 
c. melampirkan surat keputusan hasil konversi nilai IPK yang memuat pernyataan bahwa yang bersangkutan lulus dengan predikat lulusan terbaik berpredikat “dengan pujian”/cumlaude dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi bagi pelamar kebutuhan khusus  putra/putri lulusan terbaik berpredikat “dengan pujian”/cumlaude. 
d. surat pernyataan data diri pelamar yang diketik menggunakan komputer, ditandatangani  (tanda tangan basah), serta dibubuhi e-meterai (meterai elektronik) Rp10.000,00; 
(Format surat pernyataan data diri pelamar dapat diunduh pada laman  https://casn.kemdikbud.go.id) 
e. khusus untuk pelamar kebutuhan khusus putra/putri lulusan terbaik berpredikat “dengan  pujian”/cumlaude, melampirkan: 
  1. informasi berupa salinan surat/sertifikat akreditasi perguruan tinggi atau tangkapan  layar (screen capture) yang memuat nomor surat keputusan (SK) penetapan  akreditasi perguruan tinggi pada saat kelulusan pelamar yang menyatakan akreditasi  A/unggul; dan  
  2.  informasi berupa salinan surat/sertifikat akreditasi program studi atau tangkapan  layar (screen capture) yang memuat nomor surat keputusan (SK) penetapan  akreditasi program studi pada saat kelulusan pelamar yang menyatakan akreditasi  A/unggul. 
f. khusus untuk pelamar penyandang disabilitas baik yang melamar pada kebutuhan umum  maupun kebutuhan khusus wajib melampirkan: 
  1. surat keterangan resmi dari dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang  menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasan yang dialami, dan 
  2. tautan (link) video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari dalam  menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang akan dilamar (pelamar mengunggah video  singkat tersebut di youtube/google drive/dropbox/media penyimpanan lainnya).  Pastikan tautan/link video tersebut dapat diakses oleh panitia. 
g. khusus untuk pelamar kebutuhan khusus putra/putri Papua dan Papua Barat, wajib  melampirkan: 
1) akta kelahiran atau surat keterangan lahir pelamar, dan 
2) surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku yang menyatakan bahwa orang tua  (bapak dan/atau ibu) pelamar adalah asli Papua/Papua Barat. 
 
9. Pelamar dapat melakukan proses pembubuhan e-meterai pada laman  https://sscasn.bkn.go.id atau https://meterai-elektronik.com. 
10. Pelamar memastikan seluruh data yang dimasukkan dan dokumen yang diunggah sudah  lengkap, benar, dan terbaca (kesalahan dalam mengunggah dokumen dan membubuhkan  e-meterai dapat mengakibatkan pelamar tidak lulus seleksi administrasi). 
11. Pelamar mengakhiri proses pendaftaran dan mencetak Kartu Pendaftaran untuk digunakan  sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran (pelamar sudah tidak dapat  mengubah data kembali). 

Pengumuman lengkap mengenai persyaratan, formasi, dan jadwal pendaftaran dapat dilihat dalam dua tautan di bawah ini.

Pengumuman penerimaan dosen CPNS tahun 2023 klik di sini.
Pengumuman penerimaan tenaga kesehatan PPPK tahun 2023 klik di sini.
 
Kuliah di kampus favorit dengan beasiswa full kini bukan lagi mimpi, karena ada 426 Beasiswa Full dari 21 Kampus yang tersebar di berbagai kota Indonesia. Info lebih lanjut klik, osc.medcom.id.
 
Baca juga:  ITB Buka Rekrutmen 87 CPNS Dosen dan 12 PPPK Tenaga Kesehatan

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(CEU)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif