Plt Dirjen Diktiristek Nizam (tengah). Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Plt Dirjen Diktiristek Nizam (tengah). Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Kemendikbudristek Minta Peneliti Jaga Integritas, Hindari Jurnal Predator

Ilham Pratama Putra • 09 Desember 2021 14:28
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menagih integritas para peneliti dalam membuat jurnal. Dia menyatakan para peneliti mesti mementingkan kualitas jurnal, bukan malah terjebak atau menerbitkan jurnal predator.
 
"(Jurnal) Mungkin bisa menipu, bisa mengakali yang lain tapi diri sendiri tidak pernah bisa diakali. Sehingga integritas yang berasal dari dalam diri sendiri, itulah yang kita bangun etos kerja," kata Plt. Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Nizam, dalam Anual Seminar WCP, Kamis, 9 Desember 2021.
 
Dia mengakui jika 'jurnal predator' lahir karena kebutuhan publikasi dari para peneliti. Namun, Nizam mengingatkan jika jurnal predator sebenarnya merugikan peneliti itu sendiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau kita membuat publikasi yang abal-abal atau mungkin memplagiasi atau lain sebagainya. Itu yang paling rugi adalah yang bersangkutan, karena dia menipu diri sendiri," terangnya.
 
Baca: Publikasi Internasional Meningkat, Relevansi Jurnal Ilmiah Jadi Pekerjaan Rumah
 
Jurnal predator, kata dia, juga dapat berdampak pada perguruan tinggi tempat peneliti bernaung. Integritas perguruan tinggi pun turut dipertaruhkan.
 
"Padahal perguruan tinggi itu, integritas. Integritas untuk mengembangkan ilmu dan teknologi dan mendidik para mahasiswa. Jadi kalau seseorang dosen tadi melakukan tadi predatory atau melakukan plagiasi, itu tetao yang paling rugi yang bersangkutan sendiri," tutupnya.
 
Jurnal predator adalah istilah bagi jurnal internasional yang di dalam proses penerbitannya tidak didapati proses peninjauan ilmiah atas naskah yang bisa dipertanggungjawabkan. Jurnal ini juga telah terindikasi dalam definisi Universitas sebagai jurnal yang kualitasnya diragukan.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif