Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti. Foto:  Medcom.id/Intan Yunelia.
Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia.

Waspada, Kekerasan Seksual di Sekolah Mengkhawatirkan

Pendidikan kekerasan seksual anak
Intan Yunelia • 09 Desember 2019 19:51
Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengungkapkan, kekerasan di sekolah sepanjang 2019 sangat mengkhawatirkan. Bukan lagi kekerasan fisik tetapi sudah menjurus ke kasus kekerasan seksual.
 
“Level kekerasannya justru sangat meningkat dan yang agak mengerikan adalah kekerasan seksual,” kata Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti dalam Peluncuran buku ‘Kekerasan Terhadap Anak di Lingkungan Sekolah Sepanjang 2019’ di Hotel Rivoli, Jalan Kramat Raya, Jakarta, Senin, 9 Desember 2019.
 
Korban kekerasan seksual tidak hanya didominasi perempuan sebagai korbannya. Beberapa kasus kekerasan seksual di sekolah justru menimpa siswa laki-laki.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Untuk kekerasan seksual, ini anak laki-laki maupun anak perempuan memiliki kerentanan yang sama. Ternyata banyak anak laki-laki yang mengalami kekerasan seksual oleh guru dan kepala sekolah,” ujar Retno.
 
Lebih mengkhawatirkan lagi, kekerasan seksual tak sedikit melibatkan oknum guru yang seyogyanya menjadi contoh. Adegan kekerasan seksual yang memeragakan adegan film dewasa juga terjadi di beberapa kasus.
 
“Kekerasan ini kemudian yang juga cukup mengerikan adalah kejadiannya misalnya kita tidak mengira ada guru yang mengajak threesome siswanya sendiri dengan pacarnya,” papar Retno.
 
Pendidikan seksual sedari dini sudah sangat mendesak. Siswa terkadang tabu untuk membicarakan hal-hal sensitif berbau seks yang tak disadari mereka menjadi korban dari ketidaktahuan mereka tentang seks.
 
“Kita tidak pernah mengira ada 18 anak yang diminta melakukan masturbasi oleh guru BK (Bimbingan Konseling) dengan dalih dia sedang melakukan disertasi dan butuh sampel,” tutur Retno.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif