Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Tangkapan layar.
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Tangkapan layar.

Menag: Kemandirian Pesantren akan Menghasilkan SDM Unggul

Pendidikan kementerian agama pesantren Peta Jalan Pendidikan
Ilham Pratama Putra • 04 Mei 2021 20:32
Jakarta: Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyatakan program kemandirian pesantren memiliki tiga tujuan. Salah satunya, mendorong lahirnya sumber daya manusia (SDM) yang unggul.
 
"Dengan kemandiriannya akan muncul potensi lahirnya potensi sumber daya manusia yang unggul," kata Yaqut dalam peluncuran Peta Jalan Kemandirian Pesantren, Selasa 4 Mei 2021.
 
Ia mengatakan, kemandirian pesantren juga dapat mewujudkan perbaikan sumber daya ekonomi. Baik bagi pesantren itu sendiri maupun masyarakat di sekitarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika dikeola dengan baik, penguatan kemandirian pesantren bisa menjadi pusat ekonomi berkelanjutan," kata Yaqut.
 
Ketiga, kata dia, pesantren mandiri akan menjadi entitas yang kuat. Mengingat pesantren memiliki jejaring sesama di Indonesia.
 
"Dengan begitu, kemandirian pesantren dapat menjadi solusi segala masalah. Nasionalisme pun dapat kita wujudkan," ungkapnya.
 
Lebih lanjut, pesantren yang mandiri akan secara jelas semakin memperkuat keberadaannya. "Sebagai tempat pendidikan, dakwah dan pemberdayaan masyarakat," tutur Yaqut.
 
Baca: Kementerian Agama Luncurkan Peta Jalan Kemandirian Pesantren
 
Kementerian Agama resmi meluncurkan peta jalan kemandirian pesantren. Peta jalan ini punya empat tujuan, yaitu pertama penguatan fungsi pesantren dalam menghasilkan insan yang unggul dalam agama, keterampilan kerja dan wirausaha.
 
Kedua, penguatan pondok pesantren dalam mengelola unit bisnisnya sebagai sumber daya ekonomi. Berikutnya, peta jalan ini dimaksudkan untuk penguatan pesantren dalam menjalankan fungsi pemberdayaan masyarakat.
 
Terakhir, peta jalan ini juga dibangun untuk memaksimalkan peran Kemenag dan lembaga lain dalam mewujudkan kemandirian pesantren.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif