Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan

Nadiem: Siswa Inklusi Juga Berhak Merdeka Dalam Belajar

Pendidikan hari disabilitas internasional Merdeka Belajar
Ilham Pratama Putra • 03 Desember 2020 13:23
Jakarta:  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim turut memperingati hari disabilitas nasional. Bagi Nadiem, Hari Disabilitas Internasional ini menjadi semangat untuk memperbaiki kualitas pendidikan inklusi.
 
"Hari ini Saya mengajak masyarakat terus bergotong royong menghadirkan pendidikan yang inklusif. Karena kondisi fisik bukanlah penghalang untuk meraih prestasi," ujar Nadiem dalam 'Peluncuran Konten Audio Digital yang Ramah Penyandang Disabilitas Tunanetra' secara virtual, Kamis, 3 November 2020.
 
Bagi Nadiem, tidak ada pengecualian hak dalam dunia pendidikan. Siswa inklusi pun berhak mendapatkan kemerdekaan belajar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Siapapun di negara ini berhak atas pendidikan yang memerdekakan. Berhak untuk Merdeka belajar," tegasnya.
 
Untuk itu pihaknya mengembangkan Radio Edukasi. Tujuannya untuk membantu warga pendidikan yang memiliki kebutuhan khusus.
 
Baca juga:  Daftar 10 SMA Terbaik di Indonesia Versi LTMPT
 
"Oleh karena, itu Radio Edukasi dikembangkan Kemendikbud agar dapat membantu siswa tunanetra, para guru dan orang tua di seluruh penjuru negeri," sambung Nadiem.
 
Dia berharap Radio Edukasi dapat digunakan secara masif. Sehingga pendidikan inklusi dapat menunjukkan taringnya sendiri.
 
"Semoga audio pembelajaran digital yang kami hadirkan melalui Radio Edukasi dapat memberikan manfaat yang seluas-luasnya dan memberikan semangat bagi anak-anak kita dalam belajar dan meraih prestasi," pungkasnya.

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif