Kepala Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), E Aminudin Azis. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Kepala Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), E Aminudin Azis. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia Disebut Revolusioner

Ilham Pratama Putra • 18 Agustus 2022 17:21
Jakarta: Kepala Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), E Aminudin Azis, menyatakan ejaan bahasa Indonesia sangat revolusioner. Sejak ditetapkan sebagai bahasa nasional, perkembangan bahasa Indonesia sangat dinamis.
 
"Penggunaan ejaan bahasa Indonesia termasuk revolusioner," ujar Aminudin di kantor Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek, Jakarta, Kamis, 18 Agustus 2022.
 
Aminudin menyebut fenomena tersebut sangat positif mengingat usia bahasa Indonesia yang masih muda. Bahkan, dinamisnya bahasa Indonesia mengungguli perkembangan bahasa Inggris yang sudah ada ratusan tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bahasa muda bahasa Indonesia ini, tapi perkembangan ejaannya sudah sangat dinamis, karena kita tidak mau ketinggalan," tutur dia.  
 
Aminudin menjelaskan perubahan Ejaan yang Disempurnakan (EYD) dipengaruhi oleh perkembangan bahasa yang semkin cepat. Menurutnya, perkembangan teknologi dan pergaulan masyarakat dapat membuat kaidah dalam EYD tidak lagi relevan.
 
Dia menuturkan tidak ada ketentuan waktu berapa lama EYD dapat diganti. Selama suatu kata masih relevan sesuai EYD, maka kata tersebut akan tetap digunakan.
 
"Waktunya tidak ada ketentuan apakah 5 atau 10 tahun. Saya punya pikiran sepanjang ketentuan yang sudah ada tidak bisa digunakan lagi, maka harus diganti. Sepanjang belum perlu diganti ya tidak perlu diganti," tutur dia.
 
Baca juga: Badan Bahasa Bakal Gelar Kongres Bahasa Indonesia XII di 2023

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif