Ilustrasi SNBT. DOK Unhas
Ilustrasi SNBT. DOK Unhas

Peserta UTBK-SNBT Wajib Unggah Foto Diri Minimal Tiga Bulan Terakhir

Ilham Pratama Putra • 09 Desember 2022 15:29
Jakarta: Keabsahan identitas menjadi faktor penting dalam pendaftaran Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Terutama, saat mengunggah foto, khususnya untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).
 
Foto menjadi penting dan akan diperiksa pengawas ketika peserta datang ke lokasi ujian. Peserta yang hadir akan dilihat kecocokannya dengan foto di kartu ujian.
 
Unggah foto saat pendaftaran UTBK-SNBT tak bisa sembarangan. Foto yang diunggah mesti foto terbaru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Maka saat mengunggah foto adalah pas foto terbaru, minimal tiga bulan terakhir," ujar Sekretaris Eksekutif SNPMB, Bekti Cahyo Hidayanto, dalam webinar Sosialisasi SNPMB dikutip Jumat, 9 Desember 2022.
 
Pihaknya ingin memastikan yang datang adalah orang yang terdaftar. Hal itu mesti dibuktikan dengan foto pada kartu ujian.
 
"Sekali lagi kenapa ini jadi perhatian karena tahun kemarin ada yang pasang foto pas SMP itu kan artinya foto tiga tahun lalu," tutur dia.
 
Bekti menyebut pada kasus tersebut, pengawas akhirnya menolak yang bersangkutan masuk ruang ujian. Sebab, foto di kartu ujian sudah tidak mirip dengan peserta yang hadir walaupun orang yang sama.
 
"Saat yang datang beda ditolak pengawas, ya pengawas enggak salah dong. Artinya memang ini perlu diperhatikan. Memang kalau diperhatikan betul-betul tentu akhirnya diakui itu orang yang sama, cuma ini kan akan mempersulit dan memakan waktu," tutur dia.
 
Baca juga: Simak Ketentuan dan Syarat Peserta SNBT 2023

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif