Ilustrasi obat. Medcom.id
Ilustrasi obat. Medcom.id

Resistomap OY Bantu Kebutuhan Periset Teliti Resistensi Antibiotik

Pendidikan penelitian antibiotik Riset dan Penelitian Peneliti indonesia
Ilham Pratama Putra • 18 April 2022 10:53
Jakarta: Founder dan CEO Resistomap OY, Windi Muziasari, mengatakan bakteri penyakit semakin menguat. Perlu ada riset-rset terbaru untuk mengenali bakteri yang ada saat ini.
 
Windi dan tim membangun perusahaan rintisan atau startup Resistomap OY. Perusahaan itu membantu peneliti mendapatkan data hingga analisis satu bakteri.
 
"Resistomap menggabungkan kemampuan mendalam dalam genetika molekuler dan ilmu data dengan teknologi high-throughput real-time PCR (qPCR) untuk menyediakan laboratorium lengkap dan layanan analisis untuk pemantauan lingkungan resistensi antibiotik," kata Windi dalam siaran Instagram @i4Indonesia dikutip Senin, 18 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyebut sangat banyak periset membutuhkan layanan itu. Perusahaan asal Finlandia garapan anak Indonesia itu berharap Resistomap OY mampu menjadi komponen penting menghadapi bertambah kuatnya bakteri.
 
"Kami merasa perlu kita semua dan periset sudah memulai ini bagaimana kita siap siaga menghadapi pandemi akibat semakin resistennya antibiotik yang ada," tutur dia.
 
Windi menyebut ke depan akan semakin banyak bakteri penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Salah satu bakteri yang ada di Indonesia, ialah Tuberkulosis.
 
"Kita tidak ingin kan nantinya antibiotik semakin tidak ampuh. Adanya resistensi antibiotik ini akan banyak masalah yang muncul selain kesulitan penyembuhan. Nanti paling parah sudah tidak bisa lagi ada operasi karena tidak antibiotik. Dan permasalahannya sudah mulai terlihat karena dalam 30 tahun ini tidak ada antibiotik baru yang hadir," tutur dia.
 
Baca: Strategi One Health Diperlukan untuk Atasi Resistensi Antimikroba
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif