Ilustrasi UTBK SBMPTN 2022 di Unesa. DOK Unesa
Ilustrasi UTBK SBMPTN 2022 di Unesa. DOK Unesa

Seleksi Mandiri di Universitas Lambung Mangkurat Seketat SBMPTN

Antara • 27 Juni 2022 09:30
Jakarta: Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Kalimantan Selatan memastikan seleksi mandiri untuk menjaring calon mahasiswa baru bakal seketat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022. Pendaftaran jalur mandiri dibuka pada 17 Juni-20 Juli 2022.
 
"Jangan sampai pendaftar menganggap bahwa jalur mandiri lebih longgar karena kelulusan murni ditentukan hasil tes," kata Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM Aminuddin Prahatama Putra dikutip dari Antara, Senin, 27 Juni 2022. 
 
Dia menjelaskan seleksi mandiri juga menerapkan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) seperti di SBMPTN. Sehingga, skor yang didapat langsung di ranking berdasarkan kuota di program studi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun, Aminuddin mengatakan, pihaknya masih menunggu peserta yang lulus SBMPTN selesai registrasi baru menetapkan jumlah kursi mandiri. Dia menuturkan aturan maksimum 30 persen bisa bertambah untuk menutupi peserta lolos jalur SBMPTN, namun tidak daftar ulang. 
 
Dia menyebut ULM sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di pulau Kalimantan dengan akreditasi institusi A berkomitmen menjaga kualitas mahasiswanya. Hal itu melalui seleksi penerimaan yang sesuai standar mutu berdasarkan kuota tersedia.
 
Apalagi, 68 guru besar di 11 fakultas siap menyokong 64 program sarjana (S1) yang menjadi pilihan calon mahasiswa baru menimba ilmu pendidikan tinggi di ULM yang telah berstatus PTN pengelolaan keuangan badan layanan umum (BLU).
 
ULM menerima 1.136 mahasiswa baru di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau jalur undangan prestasi akademik. Kemudian, sebanyak lebih dari 4.000 orang lulus jalur SBMPTN. Namun, jumlah yang diterima belum final karena masih menunggu daftar ulang.
 
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menetapkan jumlah mahasiswa baru ULM tahun akademik 2022-2023 sebanyak 6.265 orang.
 
Baca: Gagal SBMPTN? Ini 5 PTN yang Membuka Seleksi Mandiri Jalur UTBK 2022
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif