Ilustrasi kuliah. Medcom.id
Ilustrasi kuliah. Medcom.id

Gagal SBMPTN? Ini 5 PTN yang Membuka Seleksi Mandiri Jalur UTBK 2022

Muhammad Syahrul Ramadhan • 26 Juni 2022 19:24
Jakarta: Gagal lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) bukan berarti pintu masuk ke PTN impian tertutup. Masih ada seleksi mandiri yang bisa kamu coba loh.
 
Salah satu jalur seleksi mandiri adalah jalur nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022. Jalur nilai UTBK ini biasanya dipadukan dengan tes yang dibuat oleh masing-masing PTN. Bahkan, ada PTN yang memadukan nilai tersebut bukan dengan tes tetapi motivation letter atau nilai rapor.
 
Nah, bagi Sobat Medcom yang ingin mencoba masuk PTN dengan modal nilai UTBK berikut lima PTN yang masih membuka pendaftaran seleksi mandiri jalur UTBK.

5 PTN yang Membuka Seleksi Mandiri Jalur Niliai UTBK

1. Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) membuka seleksi mandiri non tes nilai UTBK. Pendaftaran jalur UTBK Nasional ini dibuka mulai 24 hingga 30 Juni 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ketentuan jalur UTBK Nasional
  • Jalur ini ditujukan kepada peserta yang telah memiliki nilai UTBK 2022.
  • Peserta boleh memilih dua program studi pada kelompok studi yang sama (saintek saja atau Soshum saja).
  • Kelompok Studi yang dipilih harus sesuai dengan kelompok studi UTBK 2022.

Persyaratan:
  • Warga Negara lndonesia;
  • Sehat jasmani dan rohani;
  • Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2022 (dibuktikan dengan ijazah atau Surat Keterangan Lulus untuk lulusan tahun 2022);
  • Memiliki nilai UTBK-SBMPTN 2022.
  • Peserta yang memilih prodi-prodi keolahragaan dan seni serta belum memiliki nilai portofolio dari LTMPT, wajib mengupload dokumen portofolio.
Biaya pendaftaran UTBK Nasional Rp 300 ribu untuk pilihan satu prodi dan Rp400 ribu utnuk pilihan dua prodi.

2. Universitas Pembangunan Nasional UPN Veteran Jakarta

PTN yang membuka seleksi mandiri jalur mandiri adalah UPN Veteran Jakarta. Dikutip dari laman resmi UPNV Jakarta seleksi jalur ini menggunakan Nilai UTBK dan tidak lulus SBMPTN Tahun 2022 sebagai kriteria kelulusan SEMA S-1 UPNVJ.
 
Adapun biaya pendaftaran SEMA S-1 UPNVJ jalur nilai UTBK ini adalah Rp275 ribu. Pendaftaran akan ditutup pada 27 Juni 2022.
 
Baca: Ini Cara Melihat dan Unduh Nilai UTBK SBMPTN 2022 untuk Daftar Jalur Mandiri

3. Universitas Negeri Yogyakarta

Selanjutnya ada Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Salah satu PTN terbaik di Yogyakarta ini membuka seleksi mandiri jalur skor UTBK 2022.
 
Untuk informasi pendaftaran Seleksi Mandiri UNY bisa dilihat di sini.

4. Institut Teknologi Bandung

ITB membuka seleksi mandiri jalur nilai UTBK. Proses penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) dilaksanakan dengan menggunakan komponen penilaian sebagai berikut:
 
Hasil UTBK dan nilai rapor bagi pendaftar ke fakultas/sekolah selain FSRD
Hasil UTBK dan nilai rapor, hasil kemampuan seni rupa, bagi pendaftar ke FSRD
 
Seleksi dilaksanakan berdasarkan capaian terbaik dari nilai rapor dan nilai UTBK peserta. Khusus bagi pendaftar FSRD, selain berdasarkan nilai rapor dan nilai UTBK, seleksi juga mempertimbangkan hasil Tes Kemampuan Seni Rupa, yang akan diselenggarakan ITB secara luring.  
 
Pendaftaran jalur ini masih dibuka hingga ditutup nanti malam pukul 23.59 WIB. Sobat Medcom yang ingin mengikuti seleksi ini bisa mendaftar dengan biaya pendaftaran Rp.500 ribu (termasuk biaya pelaksanaan Ujian Menggambar, bagi peminat FSRD).
 
Masing-masing pendaftar dapat memilih paling banyak 3 pilihan fakultas/sekolah/program studi pada pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB).

5. Universitas Negeri Padang

Bagi Sobat Medcom yang ada di Sumatra bisa mencoba mengikuti seleksi mandiri Universitas Negeri Padang (UNP) jalur nilai UTBK. Jalur ini tidak ada tes hanya menggunakan nilai rapor (semester I sampai V), prestasi, dan nilai UTBK 2022.
 
Pendaftaran seleksi mandiri jalur ini dikenakan biaya Rp250 ribu. Dan pendaftaran akan ditutup pada 30 Juni 2022.
 
Itu tadi informasi PTN yang masih membuka seleksi mandiri jalur UTBK. Semoga bermanfaat bagi Sobat Medcom yang berjuang masuk PTN impian.
 
 
 
(RUL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif