Ilustrasi. Sejumlah orang tua demo di Balai Kota terkait kriteria usia dalam PPDB DKI Jakarta. Foto: Medcom/Muhammad Syahrul Ramadhan
Ilustrasi. Sejumlah orang tua demo di Balai Kota terkait kriteria usia dalam PPDB DKI Jakarta. Foto: Medcom/Muhammad Syahrul Ramadhan

Kebijakan Seleksi Usia PPDB DKI Dicurigai Keputusan Sepihak

Pendidikan PPDB 2020 PPDB DKI Jakarta
Ilham Pratama Putra • 01 Juli 2020 16:08
Jakarta: Anggota Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Laode Ida mempertanyakan kebijakan Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020. Dia curiga kebijakan penerapan kriteria usia dalam PPDB tak melibatkan orang tua.
 
"Pada waktu Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik DKI Nahdiana) membuat kebijakan PPDB, apakah tidak melibatkan pemangku kepentingan? Orang tua dalam hal ini juga merupakan pemangku kepentingan," kata Laode, dalam diskusi publik Quo Vadis PPDB DKI Jakarta, Ada Apa? di Kantor DPD Golkar Jakarta, Rabu, 1 Juli 2020.
 
Ia mengatakan, kecurigaan itu muncul karena melihat banyaknya penolakan soal seleksi usia dari para orang tua di DKI Jakarta. Orang tua murid banyak yang tidak setuju atas seleksi umur yang diterapkan pada jalur afirmasi dan jalur zonasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif