Penerimaan Peserta Didik Baru di salah satu sekolah di Jakarta, MI/Angga Yuniar.
Penerimaan Peserta Didik Baru di salah satu sekolah di Jakarta, MI/Angga Yuniar.

Praktisi: Sistem Zonasi Perlu Jaminan Keberlanjutan

Pendidikan Sistem Zonasi
Antara • 11 Desember 2018 15:51
Jakarta: Praktisi pendidikan Robertus Budi Setiono mengusulkan agar ada payung hukum berbentuk peraturan presiden (Perpres) untuk menjamin keberlanjutan program sistem zonasi. Program sistem zonasi perlu kepastian keberlanjutan, agar tidak membingungkan para pemangku kepentingan bidang pendidikan di lapangan.
 
"Sistem zonasi ini bagus untuk pemerataan pendidikan, namun harus adakeberlanjutan dan harus konsisten. Untuk itu perlu dijadikan perpres," ujarRobertus dalam diskusi di Jakarta, Senin, 10 Desember 2018.
 
Dengan dijadikan perpres, maka peraturan tersebut tidak akan mudah lagidiubah, terutama ketika terjadi pergantian menteri.Menurut Robertus, sistem zonasi ini bagus untuk peningkatan kualitaspendidikan dan harus tetap dilanjutkan, meskipun nantinya ada pergantianmenteri yang mengurus bidang pendidikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sistem zonasi ini bagus sekali, harus dijalankan, jangan sampai digantilagi. Untuk itu perlu ada jaminan bagi praktisi di lapangan. Termasuksinkronisasi berbagai pihak," jelas anggota Dewan Pendidikan Jakarta Timur ini.
 
Sementara itu, Wakil KetuaKomisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Hetifah Sjaifuddin mengatakan,sistem zonasi haruslah kebijakan yang terpadu atau komperehensif dan
bersifat jangka panjang."Kalau mau melakukan restorasi sistem pendidikan, saya harap nanti adakeberlanjutan. Jangan 2019 berubah lagi, tetapi harus persisten," kataHetifah.
 
Baca:Sistem Zonasi Puncak Restorasi Reformasi Pendidikan
 
Menurut Hetifah, dalam menerapkan sistem zonasi terutama dalamdistribusi guru, diperlukan adanya ketegasan dan payung hukumnya, sehinggatidak ada lagi yang menolak dengan alasan kedekatan dengan pejabat. Untukitu perlu adanya aturan yang jelas yang mengatur tentang sistem zonasi itu.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif