Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Syaikhul Hadi
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Syaikhul Hadi

Upacara Bendera Tak Diwajibkan Selama PTM Terbatas

Pendidikan Pembelajaran Tatap Muka Sekolah Tatap Muka Kembali Dibuka
Ilham Pratama Putra • 17 April 2021 17:41
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan upacara bendera tetap bisa dilakukan selama masa Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Namun, sifatnya tidak wajib.
 
"Masalah upacara bendera, kalau tempat upacaranya tidak cukup menampung, ya tidak usah dan itu tidak masalah," kata Direktur Pembinaan SMA Kemendikbud, Purwadi Sutanto dalam dialog Forum Wartawan Kemendikbud (Fortadikbud) di Hotel Santika Bogor, Sabtu, 17 April 2021.
 
Menurut dia, ketersediaan lahan atau lapangan yang cukup dalam menampung peserta upacara menjadi indikator utama pelaksanaan upacara bendera. Sebab, ketika lapangan upacara tidak mencukupi, maka dikhawatirkan terjadi kerumunan di lapangan sekolah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dan itu tentu adalah hal-hal yang sangat dihindari," jelas dia.
 
Baca: PTM Terbatas, Kemendikbud Minta Transportasi Siswa Diperhatikan
 
Terkait kegiatan di satuan pendidikan selama PTM terbatas telah diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri. Selama PTM terbatas, siswa pun dilarang berkegiatan selain mengikuti pembelajaran di dalam kelas.
 
"Seperti waktunya terbatas yang jam istirahatnnya seperi apa, kantin tidak dibuka, kemudian kegiatan ekstra juga tidak ada. Ini bagaimana kita pantau anak-anak tidak menjadi kerumunan," tutur Purwadi. 
 
Seluruh jenjang pendidikan memiliki kebiasaan menjalankan upacara bendera di lapangan sekolah pada hari Senin. Kebiasaan itu tak berlaku selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) akibat pandemi covid-19.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif