Kampus Unpad. Foto: Dok. Unpad
Kampus Unpad. Foto: Dok. Unpad

Strategi Unpad Tembus 500 Perguruan Tinggi Terbaik Dunia

Pendidikan Pendidikan Tinggi Peringkat Perguruan Tinggi Unpad Perguruan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 07 Januari 2021 15:01
Jakarta: Universitas Padjajaran (Unpad) terus berupaya agar dapat masuk peringkat 500 besar perguruan tinggi terbaik dunia. Salah satu strategi yang Unpad lakukan adalah dengan menerapkan program Pradja Brata atau Program Rekognisi Akademik Universitas Padjadjaran.
 
Rektor Unpad, Rina Indiastuti menjelaskan, Pradja Brata merupakan sebuah sistem pemeringkatan di tingkat fakultas.  Program ini  dilakukan melalui penjenamaan (branding) peneliti dengan hasil risetnya, rekoneksi alumni, pelibatan mitra internasional dalam mendukung pembelajaran daring, rekrutmen talenta, serta penguatan database.
 
Rina menyebutkan, Unpad akan terus meningkatkan program Pradja Brata di tahun 2021. Sehingga target mereka menembus peringkat 500 besar dunia bisa tercapai. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Program ini telah berhasil menggugah fakultas untuk bergerak,” kata Rina dalam Penyampaian Arah Kebijakan Unpad di tahun 2021, Rabu, 6 Januari 2021.
 
Saat ini Unpad sendiri di pemeringkatan QS World Ranking menempati peringkat 801-1000. Sementara untuk Asia Tenggara bercokol di peringkat ke-238.
 
Baca juga:  Unpad Targetkan 18 Prodi Terakreditasi Internasional di 2021
 
Selain itu, dalam bidang riset di 2021 didorong untuk menghasilkan inovasi. Sejak pandemi covid-19, Unpad menghasilkan beragam produk inovasi yang dihasilkan para peneliti. Berbagai produk inovasi juga telah diapresiasi dan mendapat kepercayaan dari pemerintah maupun masyarakat.
 
Kebijakan lainnya yaitu peningkatan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan, penguatan infrastruktur multikampus, akselerasi tata kelola berbasis ICT, hingga restrukturisasi korporasi dan optimalisasi aset.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif