Ilustrasi kuliah. Medcom.id
Ilustrasi kuliah. Medcom.id

Mau Jadi Ahli Perkapalan? Simak Jurusan dan Gambaran Kuliah di PPNS

Renatha Swasty • 19 Mei 2022 20:39
Jakarta: Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) merupakan institusi pendidikan yang berfokus pada bidang studi perkapalan, sebagaimana namanya. Kampus ini menggelar program vokasi jenjang D3 dan D4.
 
Untuk kualitas pendidikannya, tak perlu diragukan lagi. PPNS semula adalah bagian dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), salah satu PTN ternama di Indonesia.
 
Sebagai institusi mandiri, PPNS telah mengantongi akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kampus ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat mendukung kegiatan praktik mahasiswanya, seperti laboratorium dan bengkel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PPNS memiliki tiga jurusan yang masing-masingnya terdiri lagi dari beberapa program studi D3 dan D4. Mengutip laman Akupintar, berikut daftar jurusan yanga da di kampus ini beserta akreditasinya.

Teknik Bangunan Kapal

Pada jurusan ini, mahasiswa bakal mempelajari tentang desain, bahan, produksi, pengoperasian, hingga perawatan kapal. Teknik Bangunan Kapal terdiri dari lima program studi.
 
Dua di antaranya merupakan prodi berjenjang D3, yaitu Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal (A), serta Teknik Bangunan Kapal (A).
 
Adapun tiga prodi lainnya berjenjang D4, antara lain Teknik Pengelasan (A), Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal, serta Manajemen Bisnis (B).

Teknik Permesinan Kapal

Jurusan yang mempelajari mesin dan kapal ini memiliki enam prodi. Satu di antaranya merupakan program D3, yakni Teknik Permesinan Kapal (B).
 
Lima prodi lainnya berjenjang D4, yaitu Teknik Perpipaan (A), Teknik Permesinan Kapal (B), Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (A), Teknik Pengolahan Limbah (B), serta Teknik Desain dan Manufaktur (B).

Teknik Kelistrikan Kapal

Jurusan ini memiliki tiga program studi. Satu di antaranya merupakan program D3, yaitu Teknik Kelistrikan Kapal (B).
 
Adapun dua prodi lainnya berjenjang D4, yaitu Teknik Otomasi (B) dan Teknik Kelistrikan Kapal (B).

Gambaran Kuliah di PPNS

Sebelum memantapkan hati untuk melanjutkan studi di politeknik ini, ada baiknya Sobat Medcom mendapat gambaran tentang perkuliahannya terlebih dahulu. Hal ini diperlukan agar nantinya tak merasa ‘salah jurusan’.
 
Meski tak menggelar program S1 yang notabene banyak dibutuhkan dunia kerja, PPNS menyesuaikan materi kuliahnya dengan kebutuhan industri. Kampus ini berorientasi mencetak Ahli Madya dan Sarjana Terapan yang senantiasa up-to-date dengan perkembangan teknologi di dunia industri.
 
Beban kuliah yang harus dituntaskan program D3 minimal 110 SKS, sedangkan beban kuliah program D4 minimal 144 SKS. Satu SKS setara dengan 50 menit tatap muka, 50 menit tugas terstruktur, dan 50 menit tugas mandiri.
 
Di samping itu, perkuliahan di PPNS juga mengharuskan mahasiswa untuk memproduksi dan melakukan pekerjaan, layaknya di dunia industri (production based learning).
 
Demikianlah pembahasan mengenai PPNS, mulai dari jurusan beserta akreditasinya hingga gambaran kuliah. Tertarik melanjutkan studi di politeknik ini? (Nurisma Rahmatika)
 
Baca: Calon Mahasiswa Baru Perlu Tahu, Ini 5 Perbedaan Politeknik dan Universitas
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif