Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah
Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah

Ini Filosofi PPDB Versi Kemendikbudristek

Pendidikan Sekolah Sistem Zonasi PPDB PPDB 2021 Kemendikbudristek
Ilham Pratama Putra • 27 Agustus 2021 21:31
Jakarta: Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan (Kabalitbangbuk) Kemendikbudristek, Anindito Aditomo mengungkapkan jika hasil belajar anak tidak menjadi acuan utama dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Sebab, semua anak berhak untuk mendapatkan akses pendidikan.
 
"Filosofi PPDB itu tidak bergantung pada hasil belajar anak. Semua anak berhak masuk SMP mengikuti jenjang berikutnya," terang dia dalam  Media Visit Virtual Media Group, Jumat, 27 Agustus 2021.
 
Nino, sapaan akrabnya, menjelaskan itulah alasan mengapa PPDB lebih mengutamakan jalur-jalur non prestasi. "Karena itu porsi yang paling gede adalah jalur zonasi yang diperhitungkan," sebutnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kalaupun ada jalur prestasi, Nino mengungkapkan jika prestasi anak didik harus dilihat secara holistik. Tidak boleh mengukur anak dengan satu penggaris mata pelajaran tertentu.
 
Baca: KPAI Minim Pengaduan dalam PPDB 2021
 
Ia menambahkan, dalam melihat prestasi perlu juga diperhatikan prestasi non akademiknya. Itulah yang dinamakan PPDB jalur prestasi.
 
Nino juga mengatakan, dalam PPDB tidak juga boleh membawa hasil asesmen secara individu dengan berbagai alasan apapun.
 
"Kalau tetap melakukan hal itu, mengukur dari hasil UN atau Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) maka persoalan seperti model UN akan kembali muncul karena sistem itu kembali lagi," tutur Nino.
 
Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.

 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif