Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Kepala BRIN Ungkap Ciri-ciri Hewan Ternak Terserang PMK

Ilham Pratama Putra • 19 Mei 2022 14:23
Jakarta: Penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak merebak di berbagai daerah. Hewan ternak terserang PMK tak hanya berdampak pada kualitas dan keberlangsungan hidup hewan ternak, tapi juga signifikan memengaruhi kebutuhan manusia seperti menurunnya produksi olahan ternak.
 
Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko, mengungkap ciri-ciri hewan ternak terserang PMK. Dia menuturkan PMK membuat sejumlah bagian tubuh hewan melepuh, mulai dari mulut, lidah, hingga kulit sekitar kuku.
 
"Hewan yang sakit akibat infeksi virus PMK menunjukkan gejala klinis patognomonik berupa vesikel atau lepuh dan erosi di mulut, lidah, gusi, nostril, puting, dan di kulit sekitar kuku,” beber Handoko dalam siaran YouTube BRIN, Kamis, 19 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hewan yang rentan terserang virus ini ialah yang memiliki kuku belah. Seperti sapi, kerbau, domba, kambing, babi, kijang atau rusa, unta, dan gajah.
 
Handoko menyebut saat ini PMK merupakan penyakit infeksi virus bersifat akut. Bahkan, PMK sangat menular antar hewan berkuku belah.
 
Dia menyebut Badan Kesehatan Hewan Dunia atau Office des Internationale Epizootis (OIE) telah menempatkan PMK sebagai OIE Listed Diseases and Other Diseases of Importance. Yaitu masuk dalam daftar sebagai penyakit yang wajib dilaporkan semua negara di dunia.
 
"Untuk itu kami akan memberikan perhatian serius karena laju pengendalian penyakit ini dapat menghambat perdagangan ekspor. BRIN akan mengambil peran untuk riset dan inovasi dalam mendeteksi dan mengendalikan virus tersebut," tutur dia.
 
Baca: Dokter IPB Ungkap Hal-hal yang Mesti Diketahui Soal PMK: dari Penyebaran Hingga Pencegahan Virus
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif