Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto
Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto

Kualitas Jurnal Ilmiah Indonesia Terus Membaik

Awal Tahun, 700 Jurnal Indonesia Tembus Q1 Scopus

Pendidikan Publikasi Ilmiah
Ilham Pratama Putra • 26 Februari 2020 17:10
Jakarta: Perkembangan iklim riset didalam negeri mengalami peningkatan. Tak hanya ditunjukkan dari jumlah publikasinya yang meningkat, namun juga kualitasnya semakin membaik.
 
Dimyati mengatakan, dirinya masih ingat betul ketika tahun lalu jurnal internasional Indonesia yang terpublikasi sebagai Quartile 1 (Q1) dalam Scopus tak sampai 200 jurnal. Tapi pada tahun ini angkanya telah menembus 700 jurnal.
 
"Ini salah satu indikator yang menunjukkan bahwa ada peningkatan kualitas penelitian yang dilakukan di Perguruan Tinggi, baik negeri maupun swasta," kata Plt. Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristek, Muhammad Dimyati di Hotel Century, Jakarta, Rabu, 26 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baginya, capaian tersebut telah mencerminkan kekayaan intelektual yang dimiliki Indonesia. Lebih lanjut, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Brodjonegoro juga mengapresiasi peningkatan hasil riset tersebut.
 
Baca juga: Rp514,2 Miliar Dikucurkan untuk Riset 11 PTNBH
 
Dia berharap, hasil penelitian yang diterbitkan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara langsung. Menurut Bambang, yang terpenting adalah hasil penelitian itu sejalan dengan pusat riset nasional.
 
"Tentunya kita bisa lihat nanti, apakah riset ini berpotensi dihilirisasi di kemudian hari," ujar Bambang.
 
Menurut Bambang, pengembangan penelitian yang berkelanjutan menjadi hal yang sangat penting. Sebab ilmu pengetahuan teknologi bergerak dengan pesat.
 
"Hasil riset ini masih bisa dilanjutkan lagi, dihilirkan lagi. Mungkin dilakukan orang lain dengan teknologi yang berbeda, tapi yang penting ada kontinuitas dari hasil riset," pungkas dia.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif