Ilustrasi: MI/Adi Kristiadi
Ilustrasi: MI/Adi Kristiadi

Ini 7 Cara Membuat Jadwal Belajar UTBK

Pendidikan sbmptn UTBK UTBK 2022 SBMPTN 2022 UTBK-SBMPTN 2022
Citra Larasati • 06 Mei 2022 22:12
Jakarta:  Sobat Medcom, sebentar lagi pekan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 bakal berlangsung. Salah satu persiapan menjelang UTBK yang perlu kamu lakukan adalah fokus belajar dan membuat jadwal belajar UTBK.
 
Namun terkadang realita proses belajarnya tidak semudah itu.  Terkadang ada saja hal yang membuat fokus belajar UTBK-mu terganggu, mulai dari materi ujian lain, godaan untuk refreshing pascamenyelesaikan ujian sekolah, sampai rasa malas dan lelah dengan belajar. 
 
Oleh karena itu, kita harus membuat jadwal belajar sehari-hari sebagai persiapan menghadapi UTBK. Membuat jadwal belajar UTBK itu banyak manfaatnya. Salah satunya adalah membantumu dalam mengatur waktu belajar dengan kegiatan di luar belajar. Jadi, elo bisa mengatur porsi waktu untuk belajar dan main dengan baik. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak cuma itu, membuat jadwal belajar UTBK juga bisa mempermudah elo dalam melacak pemahaman elo terkait materi UTBK.  Kamu jadi bisa mengecek materi UTBK apa saja yang sudah dipelajari dan materi apa saja yang belum. 

7 Cara membuat Jadwal Belajar UTBK:

1. Urutkan Materi yang Ingin Dipelajari

Dikutip dari laman Zenius, cara membuat jadwal belajar UTBK yang pertama adalah kamu perlu menyusun dulu hal apa saja yang ingin kamu pelajari. Susun materi UTBK yang perlu kamu kuasai berdasarkan urgensinya. 
 
Coba susun jadwal belajar UTBK-mu mulai dari materi yang paling sulit dan diprediksi akan muncul dalam UTBK nanti sampai materi yang paling mudah. Hal ini akan membuat jadwal belajar kamu bakal lebih terarah. 

2. Rencanakan Jadwal untuk Kegiatan Lainnya

Dalam jadwal belajar UTBK, kamu sebaiknya tidak memasukkan jadwal belajar saja ya, tetapi juga memasukkan jadwal kegiatan lainnya, seperti makan, istirahat, olahraga, dan juga berkumpul bersama teman atau keluarga. 
 
Merencanakan jadwal untuk kegiatan di samping belajar ini akan membuat jadwal belajarmu terasa lebih efektif dan kebutuhan dasarmu pun juga terpenuhi. Dengan begitu, rasa stres selama belajar jadi bisa terhindari. 

3. Perkirakan Waktu Belajar yang Diperlukan

Nah, tidak sedikit yang memaksakan diri untuk belajar seharian penuh lantaran waktu pelaksanaan UTBK sudah dekat. Padahal, hal ini kurang tepat. Kamu perlu memperkirakan waktu belajar dengan bijak sesuai kebutuhanmu dalam jadwal belajar UTBK. 
 
Umumnya batas seseorang belajar adalah 2 jam, nah kamu bisa menjadikan patokan waktu ini sebagai perkiraan waktu belajar. Kalau kamu memaksakan diri belajar lima jam nonstop, bisa jadi kefokusanmu sudah menurun dan belajar jadi enggak efektif. 
 
Selain itu, kamu ujuga perlu tahu biasanya elo fokus belajar di pagi hari atau malam hari karena waktu tersebut akan mendukung keefektifan belajarmu. 

4. Buat Jadwal Belajar Serinci Mungkin

Selanjutnya, buatlah keterangan kegiatan belajar sedetail mungkin dalam jadwal belajar UTBK-mu. Contohnya, daripada kamu menulis jadwal belajar seperti “Bahasa Inggris”, lebih baik kamu coba tulis detailnya seperti “latihan antonim dan sinonim dalam teks Bahasa Inggris.” 
 
Cara membuat jadwal belajar sehari-hari ini akan membantu kamu mengatur dan melacak materi yang ingin kamu kuasai. Selain itu, jadwal belajar UTBK yang rinci juga membuat waktu belajar kamu lebih efektif dan tidak terbuang sia-sia. Kamu jadi tidak ada alasan lagi untuk lupa sudah belajar sampai mana. 

5. Manfaatkan Aplikasi Jadwal Belajar

Manfaatkan aplikasi jadwal belajar!  Aplikasi jadwal belajar ini bisa kamu gunakan sebagai pengingat dan pencatat jadwal belajar sehari-harimu. Beberapa aplikasi yang bisa elo gunakan untuk mengatur jadwal belajar UTBK antara lain School Planner, To Do List, Google Calendar, dan Schedule Planner. 

6. Jangan Lupa Istirahat! 

Ingat ya Sobat Medcom, belajar-belajar llau sakit tifus itu bukan motto kita. Makanya kamu jangan lupa istirahat! Seperti yang sudah gue sebutkan sebelumnya, jadwal belajar UTBK itu tidak harus semuanya diisi dengan waktu belajar. Kamu juga bisa memasukkan waktu istirahat di sela-sela proses belajar. 
 
Selain penting untuk kesehatan, istirahat juga penting untuk me-restart pikiran kamu supaya lebih siap menyerap materi belajar. Kamu bisa menyisipkan waktu belajar 10-15 menit di tiap sesi belajar. 

7. Masukkan Latihan Soal di Akhir Sesi Belajar

Cara membuat jadwal belajar UTBK terakhir adalah memasukkan latihan soal di akhir sesi. Berbeda dengan soal-soal ujian di sekolah, UTBK memiliki pola soal yang lebih rumit dan kompleks, sehingga latihan soal ini sangat diperlukan.  Latihan soal ini juga berguna untuk mengetes penguasaanmu terhadap materi yang sudah dipelajari.
 
Baca juga: Kurang 3 Pekan Lagi, Ini Hal-hal yang Harus Disiapkan Jelang UTBK 2022

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif