Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Januari 2021, Perguruan Tinggi Juga Diizinkan Belajar Tatap Muka

Ilham Pratama Putra • 20 November 2020 20:29
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengizinkan sekolah melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) mulai Januari 2021. Ia memastikan, kebijakan ini juga bakal diberlakukan untuk perguruan tinggi, namun masih menunggu detail aturan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti).
 
"Jadi mohon bagi pendidikan tinggi, aturan pelaksanaan tatap mukanya, semester berikutnya ditunggu detailnya dari Dirjen Dikti. Tapi tetap akan juga diberlakukan pembolehan tatap muka," kata Nadiem dalam konferensi pers virtual Pengumuman Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap TA 2020/2021 di masa Pandemi Covid-19, Jumat 20 November 2020.
 
Nadiem meminta para dosen dan mahasiswa bersabar menunggu teknis aturan bagi perguruan tinggi. Ia menegaskan, kampus juga akan diperbolehkan untuk melakukan PTM.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bagi teman-teman dosen dan mahasiswa jangan cemas bahwa ini bukan hanya untuk sekolah tapi juga untuk perguruan tinggi, tetapi protokol kesehatan dan daftar kesiapannya akan diatur Dirjen Dikti," sambung Nadiem.
 
Baca: 7 Alasan Kemendikbud Izinkan Pembelajaran Tatap Muka di Januari 2021
 
Nadiem menyampaikan protokol kesehatan untuk perguruan tinggi akan diberikan dalam waktu dekat pula. Dia memperkirakan aturan pembukaan sekolah dengan pembukaan perguruan tinggi tidak akan jauh berbeda.
 
"Tetapi protokol kesehatan dan daftar periksanya dan lain-lainnya itu akan ditetapkan selanjutnya dalam waktu yang dekat oleh Dirjen Pendidikan Tinggi. Yang bisa saya umumkan bahwa perguruan tinggi juga akan ada dalam perlakuan pembolehan sekolah tatap muka," ungkapnya.
 
Surat Keputusan Bersama (SKB) empat Menteri menyatakan sekolah di seluruh jenjang boleh dibuka mulai Januari 2021. Pembukaan sekolah tak lagi terikat status zona penyebaran covid-19. Artinya, daerah yang masuk kategori zona merah pun boleh membuka kelas tatap muka mulai awal tahun depan.
 
Namun, keputusan pembukaan sekolah ada di tangan pemerintah daerah (Pemda). Ada pula sejumlah protokol kesehatan yang wajib dipenuhi ketika memutuskan membuka sekolah.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif