Mendikbudristek, Nadiem Makarim. Foto:  Zoom
Mendikbudristek, Nadiem Makarim. Foto: Zoom

Memaknai Hari Kesaktian Pancasila, Kata Nadiem Letak Saktinya Tuh di Sini

Ilham Pratama Putra • 01 Oktober 2022 07:00
Jakarta:  Hari Kesaktian Pancasila diperingati pada tanggal 1 Oktober di setiap tahunnya.  Tahun ini, Mendikbudristek, Nadiem Makarim menilik lebih jauh tentang makna kesaktian Pancasila.
 
Menurutnya makna kesaktian Pancasila itu bergantung pada bagaimana seseorang memaknai nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. "Saktinya Pancasila terletak pada bagaimana kita menjadikan nilai-nilai di dalamnya sebagai petunjuk dan tujuan hidup kita sehari-hari sebagai bangsa Indonesia," kata Nadiem dalam video pidatonya, Kamis 30 September 2022.
 
Menurutnya, dengan Pancasila, masyarakat mesti memperkuat gotong royong. Utamanya dalam mewujudkan keamanan dan kenyamanan satuan pendidikan hingga ruang kebudayaan dengan mengedepankan nilai inklusifitas, toleransi serta bebas dari kekerasaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian ia menjelaskan, saktinya Pancasila juga terletak dalam komitmen bersama bangsa Indonesia dalam mewujudkan kemerdekaan. Nadiem menyebut, kemerdekaan itu harus dirasakan dengan sebenar-benarnya.
 
"Kemerdekaan yang sebenar-benarnya merdeka bagi seluruh rakyat Indoneisa untuk belajar dan berkarya," jelas dia.
 
Ia menegaskan jika Kemdikbudristek terus berkomitmen untuk terus menghadirkan transformasi yang selalu sejalan dengan pesan bung karno dalam pidato lahirnya Pancasila. Yakni di atas kelima dasar Pancasila seluruh masyarakat Indonesia mesti mendirikan negara Indonesia yang kekal dan abadi.
 
"Untuk itu di atas kelima dasar Pancasila mari kita terus bergerak serentak mewujudkan merdeka belajar dan merdeka berbudaya membawa Indonesia ke masa depan," pungkasnya.
Baca juga: Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022, Begini Pedoman Lengkapnya

 
(CEU)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif