Gedung Universitas Multimedia Nusantara. UMN/Humas.
Gedung Universitas Multimedia Nusantara. UMN/Humas.

UMN, Kampus Unik yang Punya Prodi Kekinian

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Intan Yunelia • 11 Juli 2019 07:07
Jakarta: Universitas Multimedia Nusantara (UMN) merupakan salah satu kampus yang berbasis Information and Communication Technology (ICT). Kampus ini juga memiliki bangunan unik dan program studi (prodi) kekinian yang menjadi daya tarik tersendiri sebagai tempat kuliah,
 
UMN memiliki berbagai sarana dan prasarana perkuliahan yang berstandar industri. Di antaranya Laboratorium Big Data, Artificial Intelligence, Game Development, Certified Ethical Hacker, Smart Room, Render Farm, Cinema Screening, Studio Green Screen, Studio Arsitektur, Studio TV, Studio Radio, Newsroom, Collaborative Room, Tax Center, Front Office, Kitchen Lab, Perpustakaan, tech incubator Skystar Ventures, dan lainnya.
 
Suasana dan lingkungan kampus pun dirancang agar dapat mendukung proses belajar. Salah satunya adalah dengan desain gedung hemat energi yang unik. Untuk bisa menjelajah kampus ini kamu bisa mengakses lewatvirtual tourdihttps://tahukahkamu.org/umn360/.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski dari luar terlihat seperti telur raksasa, desain gedung UMN mengusung konsep hemat energi. "Gedungnya menggunakan double skin facade untuk mengontrol intensitas cahaya dan panas matahari yang masuk ke dalam ruangan," kataChininta Rizka Angelia, Public Relation UMN, dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis, 11 Juli 2019.
 
Di beberapa lokasi juga ada taman atap (roof garden) yang membuat lingkungan UMN menjadi lebih asri dan sejuk. Tak heran jika gedung UMN meraih berbagai penghargaan, seperti Juara I Asia tenggara ASEAN Energy Awards 2014 kategori Tropical Building dan Juara III bidang Efisiensi Energi Subroto Award 2018 kategori Gedung Baru dari Kementerian ESDM RI.
 
Saat ini, kampus yang menjadi mitra program Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id ini memiliki 13 jurusan terkini. Di antaranya Big Data (Sistem Informasi), Intelligent and Secure Application (Informatika), Internet of Things Technology (Teknik Komputer), Industrial Automation (Teknik Elektro), Energy Management (Teknik Fisika), Manajemen, Akuntansi, Perhotelan, Strategic Communication, Multimedia Journalism, Desain Komunikasi Visual, Film, dan Arsitektur.
 
Ada juga program dual degree, kerja sama UMN dengan Swinburne University of Technology Australia di jurusan Informatika dan dengan INHA University Korea di jurusan Manajemen Logistik. "Di UMN juga menyediakan kuliah di dua negara untuk mendapatkan dua gelar sekaligus," ujarChininta.
 
Tahun ini, UMN juga membuka program Magister Manajemen Teknologi (MMT) yang bisa ditempuh dalam waktu satu tahun. Tak hanya itu, UMN juga memiliki program Skystar Ventures, techincubator UMN yang terakreditasi sebagai inkubator bisnis teknologi terbaik di Indonesia dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sejak 2016 dan member dari Global Accelerator Network, Sillicon Valley.
 
"Melalui Skystar Ventures, mahasiswa akan mendapatkan pendampingan selama menjalankan bisnis startup. Sehingga mahasiswa sudah bisa memulai bisnis dari sejak bangku kuliah," terangChininta.
 
UMN juga menerapkan metode pembelajaran untuk membentuk lulusan yang memiliki kompetensi memecahkan masalah, beradaptasi, kolaborasi, kepemimpinan, kreativitas dan inovasi. Hal ini guna untuk menjawab kebutuhan industri di era revolusi industri 4.0.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif