NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Citra Larasati
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Citra Larasati

Meski Wisuda Ditunda, Ijazah Tetap Bisa Diberikan

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 16 Maret 2020 15:27
Jakarta: Sebagai bentuk respons terhadap Surat Edaran (SE) Rektor Nomor 28441UN10/TU2020 tentang Pencegahan Covid19 di Universitas Brawijaya (UB), UB menunda kegiatan wisuda terdekat hingga batas waktu yang belum ditentukan. Meski begitu, ijazah tetap dapat diberikan kepada mahasiswa yang sudah menyelesaikan studinya.
 
Sejatinya, pada Sabtu, 28 Maret 2020 mendatang UB akan menggelar wisuda.“Untuk sementara wisuda diganti dengan pengambilan ijazah,” tulis Rektor UB Nuhfil Hanani dalam surat pengumumannya yang diterima Medcom.id, Senin, 16 Maret 2020.
 
Nantinya, ijazah tetap dapat diambil di fakultas masing-masing mulai 27 Maret sampai 10 April 2020 pada jam kerja. Sementara untuk prosesi wisuda, kata Nuhfil, akan diagendakan ulang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Prosesi wisuda akan diadakan menunggu informasi lebih lanjut, ketentuan yang disampaikan dalam pengumuman ini berlaku sampai ada pemberitahuan lebih lanjut,” terangnya.
 
Baca juga:Kemendikbud Rekomendasikan Kampus Tunda Wisuda
 
Sementara itu, Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nizam mengatakan, opsi ini diberikan agar lulusan perguruan tinggi bisa langsung mendapatkan ijazah untuk keperluan, melamar kerja misalnya atau melanjutkan studi. Sehingga tidak perlu menunggu acara seremonial wisuda yang belum tentu kapan akan dilaksanakan.
 
“Wisuda bisa ditunda. Ijazah tetap bisa diberikan, sehingga tidak mengganggu bagi yang mau lanjut kerja,” terangnya.
 
Sebelumnya,Nizam juga merekomendasikan agar perguruan tinggi menunda kegiatan yang sifatnya berkumpul dalam jumlah besar. Salah satunya kegiatan wisuda.
 
"Kegiatan-kegiatan berkumpul itu dihindari dikurangi, kalau perlu wisuda ditunda," kata Nizam di Hotel Four Points Makassar, Jumat 13 Maret 2020.
 
Baginya masing-masing kampus sudah harus meningkatkan kewaspadaan. Terlebih semakin meluasnya penyebaran wabah virus korona atau coronavirus disease (covid-19).

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif