Ilustrasi: Medcom
Ilustrasi: Medcom

Terapkan 3 Prilaku Ini untuk Membangun Suasana Kerja Positif di Kantor

Citra Larasati • 31 Oktober 2024 17:18
Jakarta:  Ada tiga perilaku positif yang dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih nyaman dan mendukung produktivitas. Hal ini dikupas dalam webinar bertema "Menciptakan Kenyamanan di Lingkungan Kerja melalui Perilaku Positif" yang digelar PT Mitra Utama Madani berkolaborasi dengan Universitas Tarumanagara (Untar).
 
Direktur Bisnis II PT Mitra Utama Madani, Henry Yunus Kamang Pangemanan menyampaikan pentingnya kesehatan fisik dan mental dalam bekerja. Menurut Henry, memiliki pola pikir positif dan kemampuan melihat hambatan sebagai tantangan adalah kunci untuk menciptakan kenyamanan di tempat kerja
 
“Tujuan dari webinar ini adalah memberikan wawasan kepada para karyawan mengenai bagaimana perilaku positif dapat berdampak signifikan dalam membangun lingkungan kerja yang harmonis dan produktif,” kata Henry dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis, 31 Oktober 2024.

3 Prilaku Positif yang Perlu Dikembangkan di Tempat Kerja:

1. Organizational Citizenship Behavior

Sesi pertama dalam webinar tersebut membawakan tema tentang Organizational Citizenship Behavior (OCB) yang dibawakan oleh Muhammad Riduan, M.Psi. (Cand.).

Riduan menjelaskan, OCB adalah perilaku di mana karyawan secara sukarela melakukan pekerjaan lebih dari tugas yang ditetapkan. Hal ini dilakukan demi membantu keberlangsungan perusahaan.
 
"Perilaku ini tidak hanya memperkuat tim kerja, tetapi juga menciptakan suasana kerja yang lebih nyaman dan suportif," kata Riduan.

2. Work Engagement

Dalam sesi lainnya, Riza Ganjar membawakan tema tentang konsep Work Engagement.  Ia menekankan pentingnya keterlibatan emosional dan mental dalam pekerjaan, serta bagaimana dukungan sosial dari rekan kerja dan atasan dapat meningkatkan motivasi dan mengurangi risiko burnout.
 
"Rasa optimisme dan kepercayaan diri adalah elemen kunci dalam meningkatkan keterlibatan karyawan," jelasnya.

3. Job Crafting

Sedangkan sesi ketiga yakni Job Crafting yang disampaikan Dr. P. Tommy Y.S Suyasa, Psikolog. Materi ini berfokus pada bagaimana karyawan dapat mengambil inisiatif untuk menyesuaikan pekerjaan mereka agar lebih selaras dengan keterampilan, nilai, dan tujuan pribadi.
 
"Dengan pendekatan ini, pekerjaan bisa menjadi lebih menyenangkan dan memotivasi karyawan untuk menghadapi tantangan dengan cara yang kreatif dan solutif," terang Tommy.
 
Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang interaktif. Para peserta sangat antusias dalam mengajukan berbagai pertanyaan terkait kendala di tempat kerja maupun tantangan dalam kehidupan pribadi mereka. Diskusi ini memberikan ruang bagi karyawan untuk mendapatkan perspektif baru serta solusi praktis dari para pemateri.
 
Kolaborasi antara PT Mitra Utama Madani dengan Universitas Tarumanegara ini diharapkan dapat menjadi langkah nyata dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan. Dengan materi yang inspiratif dan aplikatif, diharapkan karyawan Mekaar PNM dapat mengembangkan pola pikir yang lebih positif, lebih terlibat dalam pekerjaan mereka, serta lebih adaptif terhadap berbagai tantangan yang muncul di lingkungan kerja.
 
Baca juga:  LinkedIn: Muncul Rekruitmen untuk Jabatan-Jabatan Baru Profesional, Apa Saja Itu?

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(CEU)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan