Jakarta: Dengan lebih dari 135 juta penduduk Indonesia yang berada pada usia produktif, membuat persaingan dunia kerja pun semakin sengit. Direktur Operasional PT Edukasi Etika Bangsa, Rudi Hilman, membagikan tips agar para pencari kerja bisa tampil unggul dan diperhitungkan di mata HRD.
Tips ini disampaikan Rudi dalam webinar “Mengenal Dunia Kerja dan Tantangannya” yang diunggah oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI di akun YouTube resminya, Berikut lima hal yang mungkin terlihat sepele, tapi ternyata punya dampak besar dalam proses rekrutmen.
Baca juga: Bikin Profil LinkedIn Makin Menarik, Simak Caranya! |
5 Tips Agar Kamu Menonjol Saat Melamar Kerja:
1. Disiplin Waktu
Terlambat datang atau lambat merespons pesan bisa membuatmu langsung dicoret. Kadang yang dibutuhkan bukan orang paling pintar, tapi yang bisa diandalkan.
2. Responsif dan Proaktif
Membalas pesan dengan cepat, menyelesaikan tugas sebelum tenggat waktu, dan hadir tepat waktu dalam rapat menjadi nilai plus yang tak bisa diabaikan.
3. Softskills Unggul
Komunikasi, kerja sama tim, dan empati dianggap sebagai bekal penting. Menurut survei yang disampaikan dalam webinar, sebagian besar masalah di kantor disebabkan oleh komunikasi yang buruk.
4. Sikap Positif dan Profesional
Pelanggan bisa meninggalkan brand bukan karena produk, melainkan karena sikap karyawan. Bahkan sikap saat wawancara kerja bisa menjadi penentu utama.
5. Adaptif terhadap Perubahan
Baca juga: Lebih Dari Satu Juta Pengangguran adalah Sarjana, Begini Respons Kemendiktisaintek |
Di era digital dan dinamis, kemampuan beradaptasi sangat dibutuhkan. Skill bisa diasah, tapi pola pikir yang fleksibel harus dibentuk sejak awal.
Menjadi berbeda dari ribuan pelamar lain tak harus dengan prestasi besar. Disiplin, tangguh, dan dapat dipercaya bisa menjadi kunci agar kamu dilirik oleh perusahaan. (Antariska)
Cek Berita dan Artikel yang lain di