Guru Sekolah Luar Biasa Negeri (SLB N) 2 Makassar, Sumarni. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Guru Sekolah Luar Biasa Negeri (SLB N) 2 Makassar, Sumarni. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Guru di Makassar Ciptakan Metode Belajar Melalui Video Bagi Siswa Tunagrahita

Ilham Pratama Putra • 03 Desember 2021 15:40
Jakarta: Guru Sekolah Luar Biasa Negeri (SLB N) 2 Makassar, Sumarni menciptakan metode pembelajaran bagi anak didiknya yang tunagrahita atau memiliki keterbelakangan mental. Ia menghadirkan inovasi pembelajaran melalui video.
 
"Untuk mencapai tujuan pembelajaran saya buatkan video pembelajaran," kata Sumarni dalam Silaturahmi Merdeka Belajar Episode 16, dikutip Jumat, 3 Desember 2021.
 
Video pembelajaran yang akan dibuat disesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan anak didiknya dan kompetensi dasar pembelajaran. Adapun tema pembelajaran yang harus diajarkan ialah keselamatan perjalanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk itu saya membuat video kelengkapan kendaraan bermotor, agar siswa mengetahui kelengkapan kendaraan bermotor," tuturnya.
 
Baca: Mahasiswa Pascasarjana Unhas Raih Beasiswa di Kampus Top 3 Dunia
 
Dia memulai dengan menulis nama-nama dan menggambar kelengkapan kendaraan bermotor. Ia mengaku jika anak didiknya termotivasi untuk mengenal kelengkapan kendaraan bermotor.
 
"Sehingga saya berpikir dengan video ini siswa saya dapat mengetahui apa yang ada pada tujuan saya. Saya bertanya kepada siswa, saya penggang gambar helm, terus semangat dia mengambil helmnya. Semua itu diajarkan secara daring dengan dibantu orang tua. Sebelumnya saya kirimkan beberapa gambar melalui WhatsApp agar anak semakin mengenal gambar," terangnya.
 
Sumarni menyebut dirinya terinspirasi dengan metode pembelajaran tersebut dari portal Guru Belajar dan Berbagi. Dia mengaku hampir semua model pembelajaran kreatif tersedia di portal tersebut.
 
"Saya terinspirasi dari program Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yaitu portal guru belajar dan berbagi, hampir semua kegiatan saya ikuti," tuturnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif