Raden Rara Kartika Dewa, Mahasiswa UNY bersama kedua orang tuanya. Foto: Dok. UNY
Raden Rara Kartika Dewa, Mahasiswa UNY bersama kedua orang tuanya. Foto: Dok. UNY

Kisah Kartika Berhasil Lanjut Kuliah di UNY Berkat KIP Kuliah

Citra Larasati • 06 Agustus 2022 19:22
Jakarta:  Dorongan yang kuat untuk menjadi guru membuat Raden Rara Kartika Dewa mendaftar di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).  Kemudian Kartika pun lolos UNY menjadi melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).
 
“Saya ingin jadi guru untuk mendarmabaktikan ilmu yang saya miliki untuk mencerdaskan siswa,” katanya.
 
Mahasiswi yang akrab disapa Tika itu pun mengaku makin bersemangat kuliah setelah dinyatakan eligible SNMPTN.  Alumni SMAN 2 Wates itu pada awalnya ingin mengambil pendidikan sejarah, namun sudah ada siswa dari sekolahnya yang mengambil program studi tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Akhirnya saya ambil program studi pendidikan ekonomi. Kebetulan pada rapor saya mendapat nilai tinggi pada dua mata pelajaran tadi,” katanya dilansir dari laman UNY, Sabtu, 6 Agustus 2022.
 
Warga Kulur Temon Kulonprogo tersebut mengatakan, pada awal SMA dia sudah mengincar jalur SNMPTN sebagai sarana studi lanjut, sehingga beberapa mata pelajaran tertentu diupayakan mendapat nilai tinggi. Di antaranya bahasa Indonesia, matematika, ekonomi, sejarah dan geografi.

Mencari Informasi KIP Kuliah

Selain itu Tika juga menanyakan pada kakak kelas tentang strategi menembus SNMPTN. Termasuk mencari sendiri informasi tentang beasiswa KIP Kuliah.
 
Anak pertama pasangan Nowo Ongkoputro Meidi Haribowo dan Sumilah tersebut pada awalnya tidak mengatakan pada orang tuanya tentang keinginan kuliahnya. Nowo Ongkoputro yang akrab dipanggil Pak Ongki mengatakan pada mulanya nenek Tika yang akan menanggung biaya kuliah Tika hingga selesai.
 
“Kalau saya sendiri juga berpikir kembali apabila akan menguliahkan Tika karena berat secara ekonomi” kata Ongki.
 
Sumilah mengisahkan bahwa putri sulungnya tersebut juga mencari sendiri surat-surat keterangan yang diperlukan untuk mendaftar KIP Kuliah ke kelurahan dan kemantren.
 
Sumilah berharap dengan diperolehnya KIP Kuliah untuk studi lanjut ke perguruan tinggi dapat memicu semangat putrinya untuk lebih berprestasi. Saat ini Tika berhasil meraih indeks prestasi kumulatif 3,58.
 
Baca juga:  Kemendikbudristek Ingatkan Bantuan Biaya Hidup Mahasiswa Penerima KIP Kuliah Tidak Boleh Dipotong

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif