Veronika W.R. Andrews, alumnus FISIP UNS yang kini berkarier di Boeing. Foto: UNS/Humas
Veronika W.R. Andrews, alumnus FISIP UNS yang kini berkarier di Boeing. Foto: UNS/Humas

Kisah Veronika Andrews, Alumnus FISIP UNS Kini Sukses Berkarier di Boeing

Citra Larasati • 26 Januari 2022 13:41
Jakarta:  Sebagai lulusan ilmu sosial, tidak pernah tebersit sekali pun di benak Veronika berkarier di perusahaan penerbangan terbesar di dunia. Namun, jalan hidupnya yang penuh lika-liku mengantarkan Veronika di posisi saat ini sebagai Project Manager di Boeing Commercial Airplanes.
 
Perempuan bernama lengkap Veronika W.R. Andrews ini memulai karier di industri perhotelan di Bandung. Selepas merampungkan studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada tahun 1989, Vero, sapaan akrabnya, langsung merantau ke Bandung.
 
Vero dipercaya menjadi manajer di salah satu hotel internasional di Bandung.  Hotel tempat bekerja Vero saat itu banyak memiliki tamu para ekspatriat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Vero yang kala itu pintar berbahasa Inggris kemudian dipercaya oleh sejumlah tamunya untuk mengajar anak-anak para tamu tersebut. Hal ini membuat Vero senang karena dia bisa mendapatkan uang tambahan untuk membiayai keluarganya di Surakarta, Jawa Tengah.
 
Hidup Vero cukup berubah saat dirinya menikah dengan suaminya yang berkebangsaan Amerika Serikat. Pertama pindah ke Amerika, Vero merasakan culture shock . Selain kebudayaan yang sangat berbeda dengan Indonesia, Vero juga merasakan kesenjangan dalam hal bahasa.
 
“Saat pindah ke Amerika, bahasa Inggris saya tidak cukup ternyata. Orang di sana bicaranya sangat cepat sehingga saya tidak mengerti. Kemudian saya memutuskan harus mulai belajar bahasa Inggris lagi supaya dapat menyesuaikan atau beradaptasi di sana,” jelas Vero.
 
Setelah dapat menyesuaikan diri perihal bahasa, Vero mencari-cari pekerjaan di Amerika. Selagi suaminya bekerja di Boeing, Vero sempat menjalankan berbagai pekerjaan sekaligus saat awal.
 
Perempuan kelahiran Surakarta ini sempat menjalani profesi sebagai computer lab assistant, pembersih rumah orang kaya, hingga menjadi pengajar anak-anak di malam hari. Vero juga pernah menjadi travel agent dan asisten dokter gigi.
 
Sebagai orang Asia, Vero mengatakan tidak mudah mendapatkan pekerjaan di Amerika saat itu. Posisi Vero di sejumlah pekerjaan sangat rentan untuk dipecat meskipun pekerjaan yang ia lakukan baik.
 
Baca juga:  Anak Sopir Taksi Online Ini Berhasil Lanjutkan Studi S2 di Amerika
 
Hal inilah yang membuat Vero sangat memperhatikan isu inklusivitas dan keragaman di tempat kerjanya saat ini.  Veronika mengawali kariernya di Boeing pada tahun 2007. Waktu itu Vero diterima sebagai Data Management Specialist Boeing dengan sistem kontrak selama tiga bulan. Vero mengatakan senang sewaktu diterima di Boeing kala itu.
 
“Pertama kali masuk ke Kantor Boeing saya sangat senang dan bangga karena saya yang berasal dari kota kecil Solo dapat diterima di perusahaan internasional sebesar Boeing. Saat itu saya langsung kabari keluarga saya di Solo,” ujarnya.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif