Rektor UB periode 2022-2027, Prof. Widodo SSi. MSi. PhD. MedSc. Foto: Dok. UB
Rektor UB periode 2022-2027, Prof. Widodo SSi. MSi. PhD. MedSc. Foto: Dok. UB

Terpilih Jadi Rektor Universitas Brawijaya, Ini Profil Widodo

Daviq Umar Al Faruq • 22 Mei 2022 07:07
Malang: Prof. Widodo SSi. MSi. PhD. MedSc. resmi terpilih sebagai Rektor Universitas Brawijaya (UB) periode 2022-2027. Ia terpilih berdasarkan musyawarah mufakat pada sidang pleno tertutup Majelis Wali Amanat (MWA) di Gedung Rektorat UB, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu 21 Mei 2022.
 
Sebelumnya, Widodo menjabat sebagai Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UB. Widodo juga pernah menjabat sebagai Ketua Jurusan Biologi, KKJF Penelitian LPPM UB, Kepala LSIH UB, dan Anggota Tim PPKID.
 
Beberapa penghargaan yang pernah diraihnya, antara lain Best Original Paper Award (2007), Young Investigator Award (2007), Young Scientist RISTEK-Kalbe (2012), serta Dosen Berprestasi UB (2015).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Widodo juga dikenal sebagai peneliti ahli biologi molekuler. Ia menyelesaikan pendidikan sarjana biologi di Universitas Brawijaya pada 1998. 
 
Kemudian pada 2001, ia menyelesaikan program pascasarjana di bidang biologi molekuler Institut Teknologi Bandung (ITB). Lalu, ia menyelesaikan pendidikan doktoralnya di bidang yang sama pada 2008 di University of Tsukuba, Jepang. 
 
Sebagai peneliti ahli biologi molekuler, research interest Widodo ada di bidang cancer, aging process, bioprospecting, dan bioinformatics.
 
Saat diwawancara, Widodo mengaku mengikuti proses pemilihan rektor UB tanpa beban. Bahkan, ia mengaku tanpa target.
 
"Kalau saya ngikuti semua proses itu normal saja, wajar saja tanpa beban dan yang penting bahwa kita bisa terlibat aktif dalam partisipasi dalam demokrasi di kampus. Saya pun nggak ada target, teman-teman pun saya kira sama saja," katanya.
 
Saat memimpin nanti, Widodo berencana mengembangkan UB sesuai dengan rencana strategis (renstra) yang ditetapkan oleh MWA. Ia menegaskan, fokus utamanya yaitu internasionalisasi kampus. 
 
"Untuk program pengembangan UB dengan PTNBH itukan ada rambu-rambunya. Jadi kita harus mengikuti renstra yang sudah dirancang oleh MWA. Cuma fokusnya adalah tetap pada pemeringkatan internasional dan juga pada pengembangan inovasi. Tentunya akan bersinergi dengan program-program yang ada di kementerian (Kemendikbudristek)," katanya.
 
Baca juga:  Sah! Widodo Terpilih Jadi Rektor UB Periode 2022-2027
 
Widodo menargetkan, UB menjadi kampus level internasional pada peringkat yang lebih baik. Caranya yakni dengan mengimplementasikan renstra yang sudah dirancang MWA. 
 
"Meningkatkan sertifikasi nya serta kualitas lulusan dan kualitas pendidikan. Lebih ke arah kualitas pendidikannya," ujarnya.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif