Guru kelas 1 SLB N Balikpapan, Ade Putri Sarwendah. Tangkapan layar. Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Guru kelas 1 SLB N Balikpapan, Ade Putri Sarwendah. Tangkapan layar. Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Aplikasi Gembira, Inovasi Guru untuk Pelajar Tunarungu

Ilham Pratama Putra • 25 November 2021 09:43
Jakarta: Guru kelas 1 SLB N Balikpapan, Ade Putri Sarwendah merancang aplikasi Gembira untuk membantunya dalam proses belajar mengajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Aplikasi itu khusus dirancang bagi pelajar tunarungu atau anak dengan gangguan pendengaran.
 
"Aplikasi Gembira ini saya kembangkan untuk anak didik kita yang memiliki hambatan pendengaran," ujar Ade dalam webinar Festival Ayo Guru Berbagi, Selasa, 23 November 2021.
 
Ia mengatakan, aplikasi itu dapat membantu ABK dalam mengenal ragam suara. Ia menyebut aplikasi Gembira mampu mengembangkan potensi pendengaran anak didiknya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena saya yakin masih ada sisa pendengaran yang dimiliki anak dan kita mencoba membaca vibrasi dari mereka, respons mereka," tuturnya.
 
Ia menjelaskan, aplikasi itu dapat memutar ragam bunyi sekitar lingkungan anak, mulai dari suara klakson, debur ombak, hujan, binatang dan lain-lain. ABK diminta untuk menebak suara apa yang dia putar dari aplikasi tersebut.
 
Baca: Menjadi Guru Tangguh Ajar Anak Berkebutuhan Khusus di Tengah Pandemi
 
"Di saat dia masih kesulitan, di situ juga ada animasinya. Jadi anak-anak lebih cepat paham, dan kemudian peka jika mendengar suara-suara tersebut nantinya," ungkapnya.
 
Aplikasi itu dapat diunduh melalui https://bit.ly/Aplikasi-PKPBI-Gembira. Ade pun menyebut jika aplikasi itu juga dapat dimanfaatkan oleh anak-anak lainnya.
 
"Jadi siapa saja bisa menggunakan, untuk merangsang pendengarannya, mengenal lingkungannya dari bunyi. Karena pas dicoba untuk anak ini tebakan anak lucu-lucu juga, ada yang bisa nebak ada yang tidak. Jadi ini sebagai pembelajaran yang kreatif juga buat anak-anak," tuturnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif