Ketum PGRI Unifah Rosyidi. Foto: Medcom
Ketum PGRI Unifah Rosyidi. Foto: Medcom

Data Guru Penerima BSU Diduga Bocor, PGRI Minta Kemendikbud Berbenah

Pendidikan Kesejahteraan Guru Bantuan Pendidikan Guru Honorer Anggaran Pendidikan Nadiem Makarim
Ilham Pratama Putra • 20 November 2020 10:40
Jakarta: Data pribadi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) diduga bocor ke publik. Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membenahi sistem proteksi data mereka.
 
"Ini sungguh berbahaya dan tidak elok. Apalagi di Kemendikbud ada ahli teknologi. Tolong ini dirapikan. Setahu saya data pribadi dilindungi undang-undang," ujar Ketua Umum PGRI, Unifah Rosyidi kepada Medcom.id, Jumat, 20 November 2020.
 
Menurutnya belakangan Kemendikbud sering sekali dikabarkan mengalami kebocoran data. Utamanya, data pribadi guru hingga Data Pokok Pendidikan yang besifat rahasia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Karena BSU berada dalam lingkup Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Unifah juga mempertanyakan sistem pengelolaan data di direktorat tersebut. Dia mengatakan perlindungan data ialah masalah serius.
 
"Perlindungan data di era ini saat ini sangat penting. Bahkan menjadi indikator profesionalisme," jelasnya.
 
Baca: Data Pribadi Bocor Lagi, Sistem Proteksi Kemendikbud Dipertanyakan
 
Dugaan kebocoran data di Kemendikbud memang bukan yang pertama. Sebelumnya, pada Mei 2020 diduga 1,3 data pegawai Kemendikbud bocor di forum internet.
 
"Tidak boleh terjadi lagi, serius. PGRI berharap ini kebocoran data terakhir. Dan tidak boleh terjadi lagi," tegas Unifah.
 
Kemendikbud sedang mendistribusikan BSU untuk PTK non PNS atau honorer. Di tengah prosesnya, kabar tersebar data pribadi yang diduga PTK penerima bantuan menyeruak.
 
Data diketahui terlampir dalam format Microsoft Word dengan nama file 'Data Penerima BSU Guru Honorer'. Di dalamya, terdapat 175.000 daftar nama guru. Lengkap dengan tempat tugas guru, kecamatan, Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), Nomor Induk Kependudukan, ID BSU, nama Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) tempat tanggal lahir, nama ibu kandung, nama tempat tugas, nomor rekening, hingga kantor wilayah.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif