Peluncuran Beasiswa OSC Medcom.id 2022. Foto: Medcom.id/Citra Larasati
Peluncuran Beasiswa OSC Medcom.id 2022. Foto: Medcom.id/Citra Larasati

Pendaftaran Beasiswa OSC 2022 Dibuka Hingga 2 November, Cek Informasi Lengkap di Sini

Citra Larasati • 08 Agustus 2022 14:47
Jakarta:  Program Beasiswa OSC (Online Scholarshiop Competition) Medcom.id 2022 resmi diluncurkan, Senin, 8 Agustus 2022 bertempat di Universitas Tarumanagara (Untar) Jakarta.  Peluncuran ini sekaligus menandakan dibukanya pendaftaran kompetisi beasiswa online pertama dan terbesar di Indonesia.
 
Program OSC 2022 menyiapkan 539 beasiswa jenjang S1 dan 80 beasiswa jenjang S2 di tahun 2022.  Beasiswa OSC tersebut diberikan oleh 27 perguruan tinggi negeri maupun swasta mitra penyedia beasiswa.
 
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim dalam sambutannya mengatakan, angka partisipasi di jenjang pendidikan tinggi di Indonesia masih rendah dibandingkan dengan jenjang pendidikan dasar dan menengah.  Untuk itu keberadaan beasiswa menjadi sangat strategis untuk mendongkraknya lebih tinggi lagi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pemberian kesempatan beasiswa meupakan program strategis. Sama seperti program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), kami melakukan perluasan kesempatan pendidikan tinggi tidak hanya bagi pelajar, namun juga guru hingga seniman," kata Nadiem dalam video sambutannya di Kick Off Beasiswa OSC 2022, di Universitas Tarumanagara,, Senin, 8 Agustus 2022.
 
Nadiem berharap dengan adanya OSC, kesempatan anak-anak Indonesia untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi akan semakin terbuka.  "Dengan OSC kesempatan melanjutkan pendidikan e perguruan tinggi semakin terbuka, ditambah dengan MBKM maka lulusan perguruan tinggi akan membuat generasi unggul semakin maju," tegas Nadiem.
 
Dalam kesempatan yang sama, Ketua Surya Edukasi Bangsa Foundation (SEBAF), Mirdal Akib yang juga CEO Media Group mengatakan, bahwa Beasiswa OSC merupakan salah satu persembahan Media Group melalui Medcom.id untuk berkontribusi dalam menyiapkan calon pemimpin bangsa.  "Disparitas begitu besar, apa yang dapat kita lakukan? Inilah persembahan kami untuk Indonesia yang akan jadi pemimpin 20 tahun yang akan datang, yang akan mewarnai 100 tahun Indonesia merdeka," kata Mirdal. 
 
Mirdal pun menegaskan komitmen SEBAF untuk melanjutkan program bantuan living cost bagi penerima beasiswa OSC 2022 terpilih.  "Kita akan mengulangi kesuksesan restorasi kami dari SEBAF akan melanjutkan ini, memberikan bantuan biaya hidup kepada anak-anak yang tidak mampu," ujar Mirdal.
 
Tahun ini, SEBAF juga kembali memberikan bantuan living cost kepada pemenang OSC terpilih. Hingga kini, sudah tiga periode SEBAF memberikan bantuan living cost dengan nilai bantuan mencapai Rp3,1 miliar dalam tiga periode sebagai berikut:
  • Periode Pertama 2020-2021 untuk 30 anak, Rp2 juta/bulan selama dua semester
  • Periode Kedua 2021-202 untuk 100 anak, Rp1 juta/bulan selama dua semester
  • Periode ketiga 2022 – 2023 untuk 150 anak, Rp1 juta/bulan selama dua semester.
"Untuk itu dalam kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada donator, yaitu Metro TV, Media Indonesia, Indocater, Pangan Sari Utama, Medcom.id, dan donatur baru kami Mifa, MDB, dan Mangkokku," sebut Mirdal.
 
Bantuan living cost diberikan kepada pemenang terpilih dengan kategori kurang beruntung, berasal dari luar kota, dan memiliki nilai Indeks Prestasi sesuai standar yang ditentukan kampus.
 
“Di tahun ini targetnya akan ada 150 awardee yang akan menerima bantuan living cost. Suksesnya program ini tidak terlepas dari bantuan semua pihak, terkhusus unit bisnis Media Group yang telah menyalurkan dana CSR-nya kepada SEBAF,” kata Head Corporate Communication Medcom.id, Herfindo Gading.

Benefit Pemenang Beasiswa OSC Medcom.id S1 tahun 2022:

  1. Akan mendapatkan beasiswa dari kampus pilihannya meliputi :
  2. Bebas uang pangkal sebesar 100 persen
  3. Beasiswa uang semester selama 8 semester*
  4. Tabungan Pendidikan untuk 25 peserta terbaik pertama
  5. Bantuan biaya hidup (Khusus untuk pemenang OSC S1, dan dari latar belakang keluarga yang tidak mampu
  6. Kesempatan Magang dan Bekerja di Media Group
  7. Sertifikat pemenang dan Sertifikat Finalis
  8. (*Syarat dan ketentuan Beasiswa berlaku sesuai dengan kebijakan masing-masing universitas, cek S&K di laman profil kampus)

 
Halaman Selanjutnya
Syarat pendaftaran OSC Siswa/i…
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif