Kondisi fisik dan kendaraan prima dukung keselamatan di tol. MTVN
Kondisi fisik dan kendaraan prima dukung keselamatan di tol. MTVN

Dukung Keselamatan di Tol, Driver dan Kendaraan harus Sehat

Otomotif keselamatan lalu lintas
M. Bagus Rachmanto • 15 Desember 2015 12:12
medcom.id, Majalengka: Banyaknya jumlah kecelakaan di Tol Cipali, membuat Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) bekerjasama dengan PT Lintas Marga Sedaya (LMS), selaku pengelola jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali), melakukan berbagai langkah penegakan hukum.
 
Salah satunya menggelar operasi kecepatan kendaraan, dengan menggunakan alat speed gun, yang dapat mendeteksi laju kendaraan ketika melintas di ruas tol. Titik pengecekan dilakukan di KM 165 arah Palimanan, pada Senin, 14 Desember, lalu.
 
“Dari evaluasi kejadian kecelakaan di Cipali, kami melihat urgensi dilakukannya penertiban kecepatan kendaraan,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Jabar,Kombes Sugihardi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Pemeriksaan ini kami lakukan secara acak di beberapa lokasi di ruas Tol Cipali, agar para pengemudi senantiasa menjaga, dan mematuhi aturan lalu lintas dan batas kecepatan. Pengendara yang tidak patuh pasti akan terdeteksi oleh alat speed gun dan akan ditindaklanjuti oleh petugas kami,” tambah Sugihardi.
 
Wakil Direktur Utama PT LMS, Hudaya Arryanto mengatakan, pihaknya juga telah memasang rambu-rambu batas kecepatan, pita penggaduh atau rumble strips, hingga spanduk himbauan keselamatan, misalnya untuk menjaga kecepatan atau beristirahat jika lelah.
 
Dan yang terbaru adalah rambu-rambu peringatan, mengenai zona penindakan batas kecepatan, yang dipasang sehubungan dengan penegakan hukum terhadap pelanggaran batas kecepatan.
 
Menurut Sugihardi, pengelola tol Cipali dalam meningkatkan prasarana, dan fasilitas jalan tol guna memaksimalkan keselamatan berkendara sudah bagus. Meskipun demikian, hal ini harus diimbangi dengan kesadaran dan disiplin masyarakat.
 
Selain itu, pastikan juga kondisi kendaraan dalam keadaan prima, serta kondisi pengemudi dalam keadaan fit dan cukup istirahat, sehingga dapat berkendara dengan baik dan selamat. Terutama di track panjang dan mulus seperti Tol Cipali.
 
Pengendara bisa memanfaatkan fasilitas Rest Area di sepanjang jalan tol Cipali, antara lain Empat (4) Rest Area Tipe A (besar,)yang dilengkapi SPBU yang berlokasi di KM 102 arah Cirebon, dan KM 102 arah Cikopo. Kemudian di KM 166 arah Cirebon dan KM 164 arah Cikopo. Empat (4) Rest Area Tipe B(kecil)yang berlokasi di KM 86 arah Cirebon, KM 86arah Cikopo, KM 130 arah Cirebon dan KM 130 arah Cikopo.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif