Ilustrasi banjir di Kuningan, Jakarta Selatan. AntaraFOTO/Jaya Kusuma.
Ilustrasi banjir di Kuningan, Jakarta Selatan. AntaraFOTO/Jaya Kusuma.

Safety Riding

Persiapan & Teknik yang Tepat Dalam Berkendara Saat Musim Hujan

Otomotif tips motor safety riding tips otomotif
Ekawan Raharja • 30 November 2020 14:00

Jakarta: Di penghujung tahun 2020 sudah mulai disambut dengan masuknya ke musim penghujan, dan sejumlah daerah kini kerap diguyur hujan setiap hari. Sebagai pengendara sepeda motor, perjalanan di tengah kondisi hujan menjadi sebuah tantangan tersendiri dan harus dipersiapkan dengan matang.
 
Manager Public Relations, YRA, & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro, menekankan kepada para pengendara sepeda motor harus lebih disiplin dalam menerapkan safety riding. Berkendara yang baik dan aman ini bisa diterapkan apabila dimulai dengan persiapan yang matang.
 
”Saat musim hujan pengendara sepeda motor wajib tetap menjaga keselamatan berkendara. Dalam keadaan seperti itu, safety riding sangat penting dijalankan,” ungkap Antonius Widiantoro melalui keterangan resminya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara keseluruhan, Yamaha Riding Academy (YRA) berbagi tips mengenai persiapan dan teknik berkendara sepeda motor saat hujan yang menyangkut pengendara, kendaraan dan lingkungan/cuaca. Lantas apa saja tips dari mereka?

1. Pengendara

- Persiapkan jas hujan yang sesuai dengan ukuran badan, model setelan (atasan dan bawahan), disarankan untuk menggunakannya saat hujan karena jenis ini tidak ada bagian yang berkibar sehingga lebih aman untuk diri sendiri dan pengendara lain.
- Disarankan menggunakan helm dengan visor bening karena saat hujan memungkinkan visor helm berkabut sehingga mengganggu fokus saat berkendara.
- Gunakan sepatu anti air / karet, tidak disarankan menggunakan sandal agar perlindungan kaki lebih maksimal.
- Hindari melakukan pengereman secara mendadak dan keras karena saat kondisi hujan cengkeraman ban ke jalan berkurang.
- Jaga jarak aman dengan kendaraan di sekitar karena saat hujan membutuhkan jarak pengereman yang lebih panjang.
- Disarankan menggunakan perlengkapan berkendara yang berwarna terang agar mudah terlihat oleh pengendara lain sehingga ikut mendukung keselamatan berkendara.

2. Kendaraan

- Ban dalam kondisi baik (tidak gundul), memiliki tekanan angin standar agar tidak mudah selip.
- Area penting tidak terbuka (saringan udara, CVT area) supaya motor tidak mudah mogok atau rusak.
- Kondisi rem baik atau pakem.
- Semua lampu dalam keadaan baik (lampu depan, sein, rem, senja) agar mudah terlihat oleh pengendara lain karena cuaca gelap membuat pencahayaan berkurang.

3. Lingkungan / Cuaca

- Kenali kondisi jalan (rusak, lubang, banjir) agar terhindar dari potensi bahaya saat melewati area tresebut.
- Jika hujan lebat dan mengganggu jarak pandang sebaiknya menepi di jalur yang aman dan tetap mematuhi rambu-rambu yang ada.
- Jika kondisi sudah gerimis sebaiknya menggunakan jas hujan jangan menunggu hujan deras.
- Jangan mendadak jika menepi untuk menggunakan jas hujan untuk menghindari bahaya misalnya tertabrak oleh pengendara yang di belakang.
- Jika terdapat genangan air yang cukup tinggi disarankan tidak memaksa untuk melewati atau menerobos, karena akan mengganggu kinerja mesin motor.


 
(ERA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif