Rata-rata sepeda motor berukuran kecil di Indonesia menggunakan ABS satu channel untuk rem depan. Medcom.id/Ekawan Raharja
Rata-rata sepeda motor berukuran kecil di Indonesia menggunakan ABS satu channel untuk rem depan. Medcom.id/Ekawan Raharja

Tips Keselamatan Berkendara

Mengenal Cara Kerja Rem ABS Sepeda Motor

M. Bagus Rachmanto • 17 Juli 2019 09:49
Karawang: Banyak sepeda motor sekarang ini yang menyematkan fitur anti-lock Braking System (ABS). Meski demikian masih banyak orang yang belum tahu bagaimana mekanisme ABS bisa bekerja.
 
Project Manager, Chassis System Control Bosch Malaysia, John Chong, menjelaskan secara keseluruhan merupakan fitur aktif keselamatan. Sistem ini menjaga agar ban depan tidak terkunci ketika rem ditekan.
 
"Ketika terjadi pengereman penuh secara bertenaga, roda yang terkunci membuat kendaraan sulit bermanuver sehingga mobil atau sepeda motor lebih rentan tergelincir," terang John kepada Medcom.id di Karawang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.
 
Mengenal Cara Kerja Rem ABS Sepeda Motor
 
Jhon pun menerangkan tentang cara kerja rem ABS. Menurutnya ring ABS yang ada di lingkaran dalam cakram dikontrol oleh Wheel Speed Censor. Kemudian WSC akan memberikan informasi ke modulator. 

Nantinya modulator ini yang akan memerintah pompa hidrolik untuk memberikan tekanan rem dan menjaga agar ban depan tidak terkunci ketika rem ditekan.
  
"Modulator akan menghitung seberapa besar tekanan yang harus diberikan oleh pom hidrolik. Sehingga terjadi proses tekan dan lepas rem untuk menyesuaikan tekanan yang dibutuhkan rem," pungkas Jhon.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan