Sesuaikan Cairan Anti Bocor dengan Jenis Kendaraan
Pakai cairan anti bocor tak boleh sembarangan, harus sesuai dengan jenis kendaraannya. medcom.id/Ahmad Garuda
Jakarta: Penggunaan cairan anti bocor atau tyre sealant, dirasakan membawa manfaat. Terutama bagi pengendara yang sehari-harinya banyak melewati zona ranjau paku. Tapi jangan sembarangan dalam menggunakan cairan anti bocor ini. Lantaran cairan anti bocor khusus untuk motor berbeda dengan cairan untuk mobil.

Keterangan ini diungkapkan langsung Director PT Tetsan Maju Bersama, Philip Bulolo sebagai produsen IML tyre sealant. Ia menegaskan bahwa jenis kendaraan punya karakter penggunaan ban yang berbeda pula. Makanya butuh spesifikasi cairan anti bocor yang berbeda.

"Kalau formulasi cairan anti bocor yang digunakan untuk motor, di jajaran produk kami itu dibuat lebih cair. Motor itu kan ada gaya sentrifugal atau menjauhi titik bobot kendaraan. Makanya butuh cairan yang bisa cepat mengisi ruang kosong sesuai di saat bersamaan roda yang berputar. Sementara ban untuk mobil tak ada gaya sentrifugal, makanya lebih kental," ungkap Philip kepada medcom.id.

Lalu apa efeknya saat menggunakan jenis cairan anti bocor yang tidak sesuai dengan peruntukan kendaraannya? Philip menegaskan bahwa peran cairan anti bocor tidak akan optimal.


"Misalnya, kalau kita menggunakan cairan anti bocor khusus untuk motor ke ban mobil, maka efeknya ban mobil bisa bergetar dalam kondisi kecepatan tinggi. Ini terjadi karena tingkat kekentalan khusus untuk ban motor lebih cair."

Selain peruntukan bannya, hal lain yang patut diketahui adalah takaran untuk ban. Mengingat dimensi ban yang kebanyakan digunakan untuk motor bertransmisi otomatis adalah ring 14, maka ukuran cairan anti bocor minimal 340 mili liter. Sementara untuk motor bebek, direkomendasikan minimal 500 mili liter. Namun Philip menambahkan, lebih bagus lagi kalau untuk motor matic itu menggunakan 500 mili liter.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id