NEWSTICKER
Memanaskan mesin mobil tak perlu terlalu lama. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Memanaskan mesin mobil tak perlu terlalu lama. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Tips Knowledge

Benarkah Mobil Zaman Now Tidak Perlu Dipanaskan Sebelum Jalan?

Otomotif tips mobil perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 25 Maret 2020 09:25
Jakarta: Pemilik mobil sering menyalakan mobil sebelum mulai beraktivitas. Tujuan utamanya yaitu agar mesin atau komponen lain bisa bekerja dengan optimal, ketika mobil tersebut akan digunakan ke suatu tempat tujuan.
 
Pertanyaan yang sekarang ini masih terdengar, yakni apakah mobil zaman now masih perlu dipanaskan dulu mesinnya?
 
Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, Sapta Agung Nugraha menjelaskan, untuk teknologi canggih yang ada pada mobil keluaran terbaru menjadikan pemilik tidak perlu melakukan pemanasan mesin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Sapta, mobil dengan sistem injeksi bahan bakar yang sudah didukung oleh sistem kontrol dengan komputer tidak perlu lagi ada pemanasan, apalagi sampai digas kencang. Hanya akan membuang-buang bahan bakar saja, karena teknologi mobil zaman now sudah lebih canggih dibanding mobil keluaran dulu.
 
“Jadi mobil sekarang itu sudah tidak lagi menggunakan karburator, tidak perlu ada pemanasan lagi sebelum mulai beraktivitas,” tutur Sapta drilis Auto2000.
 
Sapta melanjutkan, mobil keluaran sekarang ini memiliki teknologi mesin yang sudah ada valve adjuster yang secara fungsi untuk menahan oli tidak langsung turun ke carter atau bak penampungan.
 
Sehingga ketika mesin bekerja, oli bisa langsung melumasi bagian mesin. Beda dengan mobil keluaran lama yang memang harus dilakukan pemanasan mesin agar sistem pelumasan tersebar ke seluruh komponen.
 
Selain itu, oli dari carter bisa lebih cepat naik ke mesin karena telah didukung teknologi oil pump dan kualitas pelumas dengan visikositas jauh lebih baik.
 
Terakhir, untuk menghidupkan mesin, sekarang sudah didukung oleh sensor, seperti temperatur lingkungan dan temperatur oli.
 
“Sehingga komputer bisa langsung menghitung campuran bahan bakar yang tepat untuk bisa menghidupkan mesin. Itulah kenapa mobil zaman now tidak perlu dipanaskan dulu mesinnya sebelum mulai jalan,” ujar Sapta.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif