Berkendara dalam kondisi kenormalan baruk dibutuhkan persiapan yang serius agar tetap bisa sehat. Koresponden MI/Haryanto Mega
Berkendara dalam kondisi kenormalan baruk dibutuhkan persiapan yang serius agar tetap bisa sehat. Koresponden MI/Haryanto Mega

Tips Berkendara New Normal

Persiapan Berkendara Aman Jelang New Normal (Bag-2)

Otomotif keselamatan berkendara safety driving
Ahmad Garuda • 05 Juni 2020 19:04
Jakarta: Dalam menjalankan protokol kesehatan menyambut kondisi normal baru di Indonesia atau new normal, beberapa hal harus dipersiapkan dengan baik. Terutama menjelang akhir pekan, saat kita bisa melakukan persiapan yang lebih baik sebelum kendaraan digunakan.
 
Dari keterangan yang diberikan oleh Auto2000, bahwa beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar kita siap menghadapi kondisi normal yang baru untuk berkendara dan berlalu lintas terdapat beberapa hal. Berikut penjelasan detailnya.

6. Selalu Gunakan Sabuk Pengaman

Pastikan pengemudi telah memakai sabuk pengaman atau safety belt sebelum mobil berjalan. Meskipun belum wajib di Indonesia, penumpang di bangku tengah juga bisa mulai memakai sabuk pengaman sebagai tindakan preventif.
 
Terbukti, penumpang yang menggunakan safety belt punya peluang untuk selamat lebih besar ketimbang yang tidak pakai saat mobil kecelakaan karena tubuhnya tidak terlempar dari bangku.

7. Jalankan Prinsip Safety Driving

Selalu terapkan prinsip mengemudi aman dan tidak berlaku agresif yang dapat merugikan sesama pengguna jalan. Tidak perlu bersikap emosional ketika ada pengguna jalan lain bertindak membahayakan. Selain berpotensi kecelakaan, juga bisa menimbulkan pertengkaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Karena emosi, Anda bisa melepaskan masker saat berdebat atau melakukan kontak fisik yang justru memicu potensi penularan virus Covid-19. Patuhi aturan lalu lintas mengingat Anda sedang berkendara bersama keluarga tercinta.

8. Amankan Barang Bawaan

Pastikan seluruh pintu mobil terkunci dengan mengaktifkan central door lock. Pastikan pula seluruh kaca mobil tertutup rapat untuk menjamin tidak ada potensi bahaya dari pihak ketiga yang bermaksud jahat.
 
Jangan meletakkan barang berharga seperti ponsel dan dompet di tempat terbuka yang terlihat jelas dari luar.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif