Gunakan sabuk pengaman secara baik dan benar untuk menjaga badan saat kecelakaan terjadi. Medcom.id/Ekawan Raharja
Gunakan sabuk pengaman secara baik dan benar untuk menjaga badan saat kecelakaan terjadi. Medcom.id/Ekawan Raharja

Cara Menggunakan Sabuk Pengaman yang Benar

Otomotif safety driving
Ekawan Raharja • 08 Oktober 2019 13:58
Jakarta: Semua mobil baru yang ada saat ini sudah memiliki fitur sabuk pengaman sebagai salah satu fitur keamanan wajib. Penumpang harus menggunakan sabuk pengaman dengan baik dan benar agar maksimal melindungi, khususnya ketika mobil mengalami kecelakaan.
 
Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, Sapta Agung Nugraha, menjelaskan penumpang yang menggunakan sabuk pengaman saat terjadi benturan akan tertahan oleh sabuk pengaman. Sehingga penumpang tidak akan terpental menghantam benda di depan yang bisa menyebabkan cedera fatal.
 
"Pahami penggunaan seatbelt itu karena perannya begitu penting untuk keamanan dan keselamatan para pengemudi dan juga penumpang. Sekarang ini mobil keluaran Toyota terbaru sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman tiga titik, sehingga lebih aman dan nyaman buat penumpang," ungkap Sapta Agung Nugraha.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia juga menjelaskan agar penumpang benar-benar terlindungi saat menggunakan sabuk pengaman, tentu harus digunakan secara baik dan benar. Agung memberikan sejumlah tips bagaimana caranya memasang sabuk pengaman yang baik dan benar:
 
Pertama yang harus dilakukan adalah menyesuaikan jok dengan posisi duduk. Hindari menurunkan posisi kursi lebih dari yang dibutuhkan agar sandaran jok bisa menyangga punggung dengan baik.
 
Jika sandaran diturunkan secara berlebihan, ketika terjadi kecelakaan ikat pinggang bisa melewati pinggang dan menahan perut, sehingga bisa menyebabkan cedera yang lebih serius.
 
Selanjutnya sangat penting posisi sabuk pengaman ada di bahu penumpang. Jarak antara dada dan kepala atau bagian atas minimal 25 centimeter. Jadi, jangan meletakkannya di dekat leher atau di bawah ketiak.
 
Jangan sampai sabuk pengaman ditempatkan di perut. Sebab, sabuk pengaman dirancang untuk memberikan kekuatan pada pinggang, sehingga tubuh tidak terlempar ketika terjadi kecelakaan.
 
Nah sudah tahu bagaimana posisi sabuk pengaman yang baik dan benar. Sudahkah anda memasang sabuk pengaman dengan baik dan benar?
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif