Sebelum PSBB dicabut, pastikan kendaraan siap diajak jalan jauh. Domio Sports
Sebelum PSBB dicabut, pastikan kendaraan siap diajak jalan jauh. Domio Sports

Tips Keselamatan Berkendara

Sebelum PSBB Dicabut, Pastikan Motor Anda Siap Jalan

Otomotif tips motor perawatan kendaraan
Ahmad Garuda • 13 Mei 2020 08:31
Jakarta: Kendaraan roda dua terparkir lama di rumah, meski sering dipanaskan atau diajak jalan jarak dekat, tidak menjamin kendaraan tersebut siap diajak jalan jauh lagi. Tentunya hal ini butuh perhatian tersendiri agar tidak terjadi masalah ketika diajak jalan jauh.
 
Domio Sports pun memberikan tips sederhana untuk membuat kendaraan kalian siap digeber ke mana saja. Bagian yang terpenting yang disarankan terutama di bagian sistem bahan bakar kemudian di bagian kaki-kaki dan sistem pengereman. Mengingat bagian inilah yang akan menentukan kenyamanan saat riding jauh nantinya.

Keringkan Tangki BBM

Mengeringkan tangki bahan bakar adalah hal penting untuk memastikan kendaraan siap diajak touring jauh. Terlebih karena bahan bakar yang tersimpan lama di dalam tangki bahan bakar, juga berpotensi teroksidasi, Mengingat penutup tangki bahan bakar juga terdapat lubang udara. Jika saat dibersihkan terdapat bagian bahan bakar yang berwarna kecoklatan, maka sangat patut dicurigai terdapat korosi di dalam tangki motor Anda.
 
Dari keterangan yang disarankan oleh Domio Sports, bahwa penting untuk melakukan pembilasan bagian dalam tangki bahan bakar dengan bahan bakar yang baru. Kemudian gunakan acid remover agar bahan bakar yang nantinya akan dimasukkan ke dalam tangki, bisa sepenuhnya dikonsumsi di ruang bakar mesin.

Stabilizer Bahan Bakar

Setelah proses pembersihan tangki bahan bakar dilakukan, hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memberikan tambahan stabilizer bahan bakar ke dalam tangki ketika bahan bakar sudah terisi. Ini akan membantu bahan bakar tetap segar ketika dikonsumsi oleh mesin.


Tekanan Angin di Ban

Hal selanjutnya adalah memastikan tekanan ban sesuai dengan yang direkomendasikan. Di beberapa negara yang memiliki musim dingin, tekanan ban biasanya sengaja diturunkan untuk membuat ban bekerja baik saat digunakan di jalan bersalju. Tapi memasuki musim normal atau musim panas, penting untuk membuat tekanan ban kembali ke normal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jangan lupa juga melakukan pengecekan terhadap permukaan ban. Termasuk memperhatikan kembangan ban yang masih layak atau tidak, kebocoran atau bahkan kerusakan kecil di bagian ban.


Sistem Pengereman Wajib Pakem

Bagian terakhir yang penting dilakukan pengecekan adalah memastikan sistem pengereman bekerja dengan baik. Terutama ketebalan bantalan rem di cakram atau tromol. Bagian ini juga yang akan menentukan motor tersebut siap digunakan jarak jauh atau tidak. Jika sudah tipis, sebaiknya segera diganti dengan yang baru.
 
Usai memastikan bagian brake pad aman, penting juga menyesuaikan posisi tuas rem yang nyaman bagi Anda. jika terlalu dalam, silakan dikencangkan lagi beberapa bagian. Namun biasanya untuk rem cakram, otomatis akan menyesuaikan dengan kondisi normal jarak kampas rem ke cakram.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif